Home DAERAH HBA : SEORANG PEMIMPIN TIDAK RELA MELIHAT MASYARAKATNYA MISKIN

HBA : SEORANG PEMIMPIN TIDAK RELA MELIHAT MASYARAKATNYA MISKIN

202
0

Jambi,  Transparancy.com – Seorang pemimpin tidak rela tidak sudi melihat masyarakatnya hidup didalam kemiskinan dan susah. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) saat menghadiri Peringatan Isra’ Mi’ Raj Nabi Muhammad SAW, 1435 H dan Tabliq Akbar di Masjid
At-Taqwa  Desa Batin Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, Selasa (10/6-14).

“Saya kadang-kadang menetaskan air mata melihat masyarakat yang susah-susah, pada dasarnya seorang pemimpin tidak sudi dan tidak rela melihat masyarakatnya hidup dalam kesusahan. Dari itulah, saya
inginkan rumah yang sangat miskin sudah dibedah semua diakhir jabatan saya,”tutur Gubernur.

Dijelaskan Gubernur Jambi HBA, selama 4 (empat) tahun kepemimpinannya sudah banyak sekali program yang menyentuh masyarakat miskin telah digelontorkan oleh pemerintah, salah satun diantaranya adalah bedah rumah, dimana rumah yang sudah dibedah telah mencapai 19 ribu buah lebih. ”Rumah yang kita bedah diseluruh kabupaten/kota dalam Provinsi jambi! sudah melebihi 19 ribu buah rumah, ini akan terus kita bantu lagi mana yang sudah masuk kedalam daftar,” jelas HBA.

Pada kesempatan itu Gubernur Jambi HBA juga menjelaskan tentang harga karet yang terus menerus turun sampai saat ini,  bahkan hal ini juga sudah dilaporkannya ke Presiden bagaimana untuk mengangkat harga karet ini, sebab yang membelinya orang luar. ”Negara penghasil karet lainnya seperti Malaysia, Thailand, Birma dan Kamboja, mereka itu memproduksi karetnya besar-besaran sehingga harga karet tersebut menjadi turun. Disisi lain pertumbuhan ekonomi negara-negara barat itu sedang turun juga ekonominya. Itulah penyebabnya harga karet ini turun,” terang Gubernur.

Dijelaskan lagi oleh HBA, negara-negara Asean juga telah membentuk kerjasama untuk membuat batasan-batasan dan bagaimana upaya untuk menaikkan harga karet ditingkat dunia dengan harapan harga karet ini bisa naik ditingkat petani .

Ditambahkan HBA, terkait kunjungan kerjanya ke Desa Batin ini disamping untuk menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj juga merupakan ajang silaturahmi, yang mana didaerah ini dulu dirinya pernah menjadi Sekwilcam. ”Daerah ini tidak asing lagi bagi saya, saya dulunya pernah menjadi Sekwilcam disini dan juga tadi Camat sudah melaporkan untuk daerah ini dan masyarakatnya ingin minta bantuan hewan ternak. Itu sudah masuk dalam catatan saya,” pungkas Gubernur.

Pada kesempatan tersebut  Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) juga menyerahkan bantuan secara pribadi senilai Rp. 5 Juta kepada pengurus Mesjid At-Taqwa Desa Batin. Selain itu Gubernur Jambi HBA juga memberikan bantuan sejumlah sembako kepada para Lansia setempat.

Sementara itu Camat Batin Ibnu Hajar, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi berserta rombongan ke Masjid At-Taqwa. Pada kesempatan itu Camat juga melaporkan kondisi masyarakat Desa Batin dan Kecamatan Bajubang keseluruhannya. “Dengan program Samisake masyarakat sangat merasa terbantu sekali, kami harap dana Samisake bisa dinaikkan,” tutur Camat.

Penceramah Al-Ustad DR. H. Hermanto Harun,LC.MH dalam tausiahnya menjelaskan, Peringatan Isra’ Mi’ Raj,  Nabi Muhammad SAW adalah bagian dari kehidupan Umat Islam. “Kita sudah seharusnya menempatkan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai panutan dan suri tauladan utama dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti semua sunnahnya, kita yakin kehidupan akan berlangsung lebih baik
lagi. Karena kita memahami bersama penerapan morallitas, kemandirian dan kejujuran Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari merupakan kunci keberhasilan umat,” jelas Ustad.

Adapun tema dari Peringatan Isra’ Mi’ Raj Nabi Muhammad SAW 1435 H ini adalah  “Sesungguhnya Shalat Itu Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar”. Turut hadir pada kesempatan ini Asisten II Sekda Provinsi Jambi Ir. H.Havis Husaini, Plt. Kepala Dinas Sosnakertrans M. Dianto, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jambi Yazirman, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, para ibu-ibu BKMT se-Kecamatan Bajubang, para Tokoh Masyarakat Desa Batin dan se-Kecamatan Bajubang serta para undangan lainnya. (hms/lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here