Home DAERAH HBA:Tugas Pemerintah Mensejahterakan Masyarakat

HBA:Tugas Pemerintah Mensejahterakan Masyarakat

221
0

Jambi, Transparancy.com – Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) menyampaikan program pembangunan yang menyentuh masyarakat secara langsung menjadi tujuan utama Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”Tugas Pemerintah mengurangi angka kemiskinan salah-satunya Program Samisake Pemprov Jambi sampai saat ini Bedah Rumah yang tidak layak huni terdata 19026 rumah,” ungkap HBA.

Bedah Rumah merupakan program unggulan Samisake disamping memberi Sertifikat Gratis, Bantuan Biaya Sekolah SD, SMP, SMA, S1,S2 dan S3 dengan tujuan pengentasan kemiskinan dan meningkatkan pendidikan,”Target kita 310 orang yang bergelar Doktor pada tahun 2015 ternyata sudah mencapai 345 orang saat ini yang mengambil S3 dan program ini merupakan lanjutan dari Sarolangun,” jelas HBA.

Berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat juga dibeberkan HBA saat membuka acara Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan Partisipatif Menuju Kemandirian Masyarakat Se-Provinsi Jambi, Senin (16/6) bertempat Golden Harvest.
“Jalan menuju sentra produksi terus kita tingkatkan, Jamkesmas, Alsintan bagi petani dan program peningkatan kesejahteraan masyarakat dan untuk tahap selanjutnya kita upayakan Dua Miliar Satu Kecamatan,”kata HBA.

Paparan program HBA juga menjelaskan bagaimana Jalan Bangko-Jangkat yang dulunya ditempuh sekitar 10-12 jam saat ini sudah mampu ditempuh 2-3 jam, begitupun Jalan Jambi Kerinci yang memakan waktu 12-14 sudah bisa ditempuh sekitar 8-10 jam,”Saat ini 74-75 persen jalan dalam kondisi baik dan akan kita kejar terus peningkatan kualitas jalan,” papar HBA.

Begitupun kondisi kelistrikan di Provinsi Jambi diakui HBA belum merata dirasakan masyarakat berkisar 74 persen masyarakat yang menikmati listrik namun hal tersebut di siasati HBA dengan membangun PLTMH, PLTS,”Kita bangun PLT Mikro Hydro (Air), PLT Surya yang kita usulkan kepada Pemerintah Pusat untuk Desa yang memerlukan seperti Desa di daerah Batangasai, Pematang Kabau, Sridadi Tungkal ulu, Limbur lubuk Mengkuang perbatasan Bungo Sumbar.”

Masih banyak tugas pembangunan yang harus segera dituntaskan HBA untuk menyenangkan masyarakat dengan pembangunan,”Runway (landasan pacu) pesawat Bandara Sultan Thaha akan selesai 2015 serta pelabuhan samudera (Ujung Jabung) yang sudah dibebaskan lahan seratus hektar dan tahun ini ditambah seratus hektar,” ungkap HBA.

Menurut HBA, begitu besarnya potensi yang dimiliki Provinsi Jambi untuk dikembangkan pada periode berikutnya harus dengan pemimpin yang memiliki semangat dan program yang menyentuh masyarakat serta ketersediaan infrastuktur yang memadai,”Konsep pembangunan yang baik seharusnya dilanjutkan karena Jambi punya potensi besar untuk maju,” tegas HBA.
Sementara Kepala BPM PP Dra. Hj. Eni Hariyati menyampaikan program PNPM merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan ketersediaan infrastruktur dan modal pinjaman bagi masyarakat,”Ketua BKAD dari 95 Kecamatan terbagi 83 orang lokasi PNPM Mandiri Perdesaan, 11 orang PNPM Integrasi dengan dana12 miliar, 1 orang Lokasi PNPM Mandiri Perdesaan Phase Out,” jelas Kaban.

Selanjutnya Hj.Eni Hariyati menyampaikan dana BLM pada tahun 2014 untuk PNPM Mandiri Perdesaan sebesar Rp. 77.2 miliar, PNPM Integrasi Rp. 12 miliar 25 persen digunakan untuk Simpan Pinjam Khusus Kelompok Perempuan (SPP) dengan kelompok pemanfaat 5731 dengan jumlah anggota 50629 orang perempuan yang rata-rata pengembalian tiap kabupaten ditas 96,4 persen.

Sedangkan MP3KI mendapat alokasi dana sebesar Rp. 12,891miliar merupakan program Masterplan Percepatan dan Perluasan pengurangan Kemiskinan Indonesia/Quick Win (QW) (MP3KI) di Kecamatan Batangasai-Sarolangun, Kecamatan Muaro Sebo Ulu-Batanghari, Kecamatan Pengabuan-Tanjabbar, Kecamatan Berbak-Tanjjabtim.
Selanjutnya Hj. Eni Hariyati menyampaikan program pengembangan perdesaan menempatkan dua orang Fasilitator Teknik dan Pemberdayaan untuk Kecamatan dan tiga Fasilitator Pemberdayaan,Teknik, dan Keuangan untuk Kabupaten.(Raihan, Fotograper:Marzuki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here