Home News Hj. Yusniana Ajak Lestarikan Budaya Setempat

Hj. Yusniana Ajak Lestarikan Budaya Setempat

182
0
Gbr: Tampak Bunda Yusiana disambut dengan tarian khas daerah

Today at 10:12 PM

Merangin, Mediatransparancy.com – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana dalam kunjungan kerja dirumah tuo desa Baru, Kecamatan Rantau Panjang, Merangin pada Kamis (22/1)dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terharu atas kekompakan dan sambutan masyarakat desa kampung baru serta berpesan pada masyarakat agar tetap menjaga adat istiadat dan melestarikan rumah tuo sebagai cagar budaya.

Kedatangan Ketua tim penggerak PKK disambut dengan tarian oleh ibu-ibu 5 kelurahan dan ibu-ibu desa baru yang berpakaian kurung dengan tekuluk.

Pada kesempatan tersebut ketua TP PKK mengundang masyarakat merangin untuk menghadiri pengajian di rumah dinas Gubernur. serta memberikan sumbangan kepada kelompok sandiwara kecamatan tabir untuk dana operasional sebanyak 5 juta rupiah.

Sementara itu dalam sambutannya Hesnidar Haris ketua TP PKK Kabupaten Merangin menyampaikan lokasi rumah tuo adalah kawasan unik yang telah dikunjungi berbagai kalangan baik dari luar maupun dari dalam negeri serta mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Hesnidar Haris menyampaikan program pembangunan samisake atau bedah rumah telah menyentuh masyarakat di desa baru kecamatan rantau panjang. serta atas nama masyarakat menyampaikan terimakasih atas program pembangunan yang dilakukan Gubernur.

Tokoh masyarakat Muhtar YS dalam sambutannya memaparkan sejarah leluhur masyarakat desa baru kecamatan rantau panjang yang telah mendirikan rumah tuo tersebut sejak 682 tahun yang lalu yang saat ini dihuni oleh keturunan ke 14 dari undup pinang masak. Rumah tuo ini berbentuk segi enam ukuran 6,70 × 11,05 m menghadap ke utara berbentuk panggung yang ditopang 25 kayu. Muhtar YS menyatakan dukungan terhadap pembangunan yang sudah dilaksanakan HBA dan meminta untuk terus dilanjutkan.

Hadir pada kesempatan tersebut ketua TP PKK Merangin Hesnidar Haris. Wakil ketua TP PKK Merangin, Ketua persit Merangin dan Ketua Bhayangkari dan Ibu Ketua DPRD Kab. Merangin. (lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here