Home DAERAH Hj.YUSNIANA BERHARAP GEMAR MAKAN IKAN DISOSIALISASIKAN HINGGA KEDESA-DESA

Hj.YUSNIANA BERHARAP GEMAR MAKAN IKAN DISOSIALISASIKAN HINGGA KEDESA-DESA

295
0
Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi

Sarolangun, Transparancy.com – Ketua  TP PKK Provinsi Jambi sekaligus Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri Agus mengatakan, Pengurus forikan yang baru dikukuhkan diharapkan terus bisa meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait  dan mensosialisasikan gemar makan ikan hingga ke desa-desa yang berada di Provinsi Jambi, kabupaten dan kecamatan serta sampai ketingkat bawah agar bisa meningkatkan konsumsi ikan . Harasapan tersebut disampaikan Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi saat Pengukuhan Forikan Kabupaten Sarolangun yang diselenggarakan di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun, Rabu (14/5-14).

Dikatakan Hj.Yusniana, forikan yang telah dibentuk harus mampu mengubah prilaku dan membuka pemahaman baru masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan supaya lebih meningkatkan kecerdasan. ”Saya juga menyampaikan agar forikan, maupun pemangku kepentingan perikanan tidak melupakan lingkup terkecil kehidupan masyarakat yaitu keluarga dalam gerakan makan ikan ini,” ungkap Hj.Yusniana.

Dijelaskan, tingkat konsumsi ikan di Provinsi Jambi pada tahun 2013 mencapai 33,58 kilogram per-kapita pertahun, yang berada dibawah angka konsumsi ikan nasional. ”Kalau kita lihat potensi perikanan di Provinsi Jambi sendiri terutama di Kabupaten Sarolangun masih cukup . Oleh karena itu, melalui pertemuan ini Saya berharap dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendongrak konsumsi ikan masyarakat Jambi terutama di Kabupaten Sarolangun ini, untuk mencapai target sesuai dengan kondisi ideal yang kita inginkan,” jelas Hj. Yusniana.

Pada kesempatan ini juga Hj. Yusniana selaku Ketua Umum Forikan Provinsi Jambi mengajak untuk melakukan langkah nyata secara bersama-sama, karena semua itu tidak akan berjalan secara optimal jika hanya Tim Penggerak PKK nya saja yang aktif. “Untuk itu, marilah seluruh komponen pembangunan khususnya organisasi perempuan untuk bahu-membahu dan penuh keseriusan mengikuti dan berperan aktif dalam mengkampanyekan gerakan makan  ikan,” terang Hj.Yusniana.Bupati Sarolangun H. Cek Hendra dalam sambutan dan arahannya mengatakan, dengan dibentuknya pengurusan forikan ini agar pola atau cara untuk  konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Sarolangun dapat digalakkan dan ditingkatkan.

“Mulai dari desa ada acara sukuran, mari kita tunjukkan semua masakan dari serba ikan dan mengurangi menu yang lainnya, dan juga pada setiap sungai yang mengalir atau lubuk nantinya akan kita isi dengan bibit ikan. Jadi mari sama-sama kita jaga dan kita tingkatkan pemanfaatan sungai ,” tutur Bupati Sarolangun.Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan H.Saifuddin, Amk, SE mengatakan, konsumsi ikan di negara-negara maju sudah jauh meningkat dibandingkan dengan di negara Indonesia. “Seperti Jepang 110 kilo perkapita setiap tahunnya dan Singapura 100 kilo perkapita. Makanya orang-orang disana pintar-pintar,” jelas H. Saifuddin.Pada Pengukuhan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun ini Hj. Rosita Cek Endra dikukuhkan sebagai Ketua Umum Forikan Kabupaten Sarolangun, Ir.Guna Warman sebagai Ketua Harian dan Lisna wati Fahrul Rozi sebagai Wakil Ketua.

Pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Sarolangun ini, disamping melantik dan mengukuhkan Forikan Kabupaten Sarolangun, Hj. Yusniana Hasan Basri juga mengadakan pertemuan dan silaturrahmi dengan  Majelis Taklim se-Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun.Turut hadir pada kesempatan ini Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Sekda Kabupaten Sarolangun Tabroni, Para kepala SKPD se-Kabupaten Sarolangun, para Camat se-Kabupaten Sarolangun, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sarolangun, Tim Penggerak PKK se-Kecamatan Kabupaten Sarolangun serta para undangan lainnya.  (Lia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here