Home DAERAH Hj.YUSNIANA DORONG DEKRANASDA PROMOSIKAN JAMBI

Hj.YUSNIANA DORONG DEKRANASDA PROMOSIKAN JAMBI

213
0
Dekranasda Provinsi Jambi

Jakarta, Transparancy.com – Istri Gubernur Jambi sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri menyatakan bahwa dirinya terus mendukung dan mendorong Dekranasda Provinsi Jambi untuk mempromosikan Provinsi Jambi.Pernyataan tersebut dikemukakannya kepada staf Humas Setda Provinsi Jambi yang mewawancarainya dalam Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-34 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), bertempat di Gedung Convention Hall SMEsCO, Jakarta, Kamis siang (5/6).

Yusniana menjelaskan, peran Dekranasda cukup besar untuk mempromosikan Jambi, khususnya
ke luar. “Kita berusaha dengan dinas terkait untuk mengadakan promosi, seperti pameran yang kita lakukan sekarang ini. Promosi itu mahal, dan kita selalu berusaha untuk mempromosikan Jambi,” ujar Yusniana. Berkaitan dengan promosi Jambi ini, Yusniana mengatakan bahwa Dekranasda Provinsi Jambi akan mengikuti pameran kriya internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia tahun 2014 ini.

Yusniana mengungkapkan, Provinsi Jambi akan menampilkan produk pengrajin Provinsi Jambi,
diantaranya kain batik, songket, tenun, dan perhiasan-perhiasan khas Jambi, serta hasil kerajinan-kerajinan lainnya yang bisa dipamerkan.

Selanjutnya, Yusniana mengharapkan agar Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi
dan jajarannya bisa bekerjasama dengan baik, terutama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, untuk memusyawarahkan dengan baik tentang bagaimana mempromosikan Jambi kedepan.

Terkait adanya penampilan tarian dari Provinsi Jambi saat mengawali acara dan merupakan
satu-satunya tarian dalam acara ini, Ketua Dekranas Provinsi Jambi ini mengaku bahwa tarian itu juga memberikan kebanggaan kepada Provinsi Jambi.Tema HUT ke-34 Dekranas ini adalah “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Sebagai Basis Produksi Dalam Menyongsong Pasar Bebas ASEAN 2015.”

Peringatan HUT ke-34 Dekranas ini dihadiri oleh Ibu Negara Indonesia, Hj.Ani Bambang Yudhoyono; Ketua Dekranas, Hj.Herawati Boediono; Ketua Harian Dekranas, Hj.Vita Gamawan Fauzi; Menteri Koperasi dan UKM, Syarief Hasan; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu; SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu) Jilid II; Istri Pelaksana Tugas Gubernur DKI, Veronica Basuki Thahaja Purnama.

Dari Provinsi Jambi, acara ini diikuti oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Yusniana
Hasan Basri; Ketua Dekranasda atau yang mewakili dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi; serta perwakilan pengurus Dekranasda Provinsi Jambi. Tari Menjalin dari Provinsi Jambi mengawali Peringatan HUT ke-34 Dekranas ini. Tari ini menyiratkan makna kebersamaan, kekompakan, dan kegembiraan dalam menganyam.

Ibu Negara Indonesia, Hj.Ani Yudhoyono, selaku Pembina Dekranas, dalam sambutan dan
arahannya menekankan seluruh pelaku usaha, khususnya pelaku UKM bisa membenahi diri menghadapi Masyarakat Ekonomi (MEA) ASEAN Tahun 2015. Ani Yudhoyono mengungkapkan, keterampilan menganyam Suku Dayak Iban, sebagai contoh anyaman tradisional yang unik yang perlu dilestarikan dan dikembangkan untuk kepentingan budaya dan ekonomi.Ani Yudhoyono yakin bahwa pengrajin dan pelaku UKM Indonesia memiliki kemampuan untuk
bersaing dengan pengrajin dan pelaku UKM dari negara-negara lain.

Selain itu, Ani Yudhoyono mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah World
Craft Council (WCC) Tahun 2014, pameran kriya-kriya se dunia dan berharap agar kriya-kriya dari seluruh daerah di Indonesia bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.Selanjutnya, Ani Yudhoyono membuka Pameran Produk UKM se Indonesia dengan menyatakan,”Aku Cinta Indonesia, insyaallah aku beli produk Indonesia.”

Ketua Dekranas, Hj.Herawati Boediono, dalam sambutannya, menuturkan berbagai pembinaan dan pendampingan yang dilakukan oleh Dekranas dalam meningkatkan kualitas produk UKM, diantaranya pengembangan keramik di Singkawang, Kalimantan, pengembangan dan finishing kerajinan produk kayu di Papua.Herawati Boediono mengharapkan supaya peran Dekranas terus meningkat dalam pembinaan dan pendampingan UKM, agar produk UKM Indonesia bisa kompetitif di level internasional.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dekranas, Hj.Herawati Boediono memberikan bantuan kepada para kelompok pengrajin UKM yang produknya diorder (dipesan) oleh Dekranas.Ketua Harian Dekranas, yang juga ketua penanggung jawab acara, Hj.Vita Gamawan Fauzi, dalam laporannya, pada intinya menyampaikan, Dekranas terus berupaya mendorong agar produk-produk UKM se Indonesia memiliki daya saing, baik dalam kualitas maupun dalam pemasaran.

Vita Gamawan Fauzi menyatakan, dalam even ini juga diadakan pameran produk UKM se Indonesia pada tanggal 4 sampai 8 Juni 2014, yang stan-stannya ditempatkan di dalam dan dihalaman gedung SMEsCO.Selanjutnya, Ibu Negara Indonesia, Ketua Dekranas, Ketua Harian Dekranas, SIKIB Jilid II meninjau stsn-stan pameran provinsi-provinsi se Indonesia. (hms/Transparancy).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here