Home DAERAH HJ.YUSNIANA UPAYAKAN 103 UNIT KURSI RODA BAGI PENYANDANG DIFABILITAS DI MERANGIN

HJ.YUSNIANA UPAYAKAN 103 UNIT KURSI RODA BAGI PENYANDANG DIFABILITAS DI MERANGIN

211
0
Bangko Kab. Merangin, Mediatransparancy.com – Guna membantu meringankan beban masyarakat penyandang cacat (difabilitas), Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri Agus mengupayakan bantuan berupa 103 unit kursi roda bagi para penyandang difabilitas di Kabupaten Merangin. Kursi roda tersebut diberikan kepada penyandang difabilitas dalam acara Berbagi Kasih dengan Penyerahan Bantuan Berupa Kursi Roda Kepada Penyandang Difabilitas se Kabupaten Merangin, bertempat di Aula rumah dinas Bupati Merangin, Rabu (29/7) sore.

Sebanyak 103 unit kursi roda diberikan kepada para penyandang difabel (difabilitas) di Kabupaten Merangin, sesuai dengan permohonan dari Ketua Pembinaan dan Perlindungan Difabel Indonesia (PPDI) Merangin. Namun, ternyata, sudah 198 orang yang membutuhkan kursi roda di Merangin. Untuk itu, penyandang difabel yang hadir dalam acara tersebut diprioritaskan untuk mendapat bantuan kursi roda dimaksud.

Yusniana memberikan kursi roda tersebut secara simbolis kepada 3 orang penerima kursi roda.

Dalam sambutannya, Yusniana mengemukakan bahwa derajat manusia setara, baik yang sehat maupun yang sakit. Yusniana memotivasi para penyandang difabilitas tersebut supaya terus berusaha untuk semangat dan tegar ditengah fisik yang sakit.

Yusniana menyatakan, diperlukan program pemberdayaan bagi penyandang difabilitas, selain untuk menyemangati, juga untuk mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang positif dan produktif.

Dikatakan oleh Yusniana, pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten/Kota terus-menerus berusaha meningkatkan kepedulian bagi penyandang difabilitas.

Yusniana menegaskan, dirinya sangat menyambut baik bantuan berupa kursi roda tersebut yang diberikan oleh donatur tunggal yang tidak mau disebutkan namanya, seorang (bapak) warga Jakarta asal Jambi, berprofesi sebagai pengusaha.

Yusniana menambahkan, donatur tunggal tersebut juga sudah sering membantu masyarakat Provinsi Jambi, diantaranya membantu biaya pengobatan dan biaya transportasi anak Provinsi Jambi yang menderita jantung bocor, dirawat di rumah sakit jantung Harapan Kita, Jakarta.

Yusniana mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada donatur tunggal tersebut, dan berharap agar usahanya semakin berkembang supaya dapat terus membantu masyarakat Provinsi Jambi.

Sekda Merangin, H.Sibawaihi, S.Pd, M.Si, dalam sambutannya menghimbau penyandang difabilitas untuk tidak putus asa atas kondisi fisik yang dihadapinya, namun agar terus berusaha tegar dan berserah diri kepada Tuhan.

Sibawaihi juga menghimbau orang-orang yang mampu untuk membantu penyandang difabilitas, guna meringankan beban penyandang difabel tersebut.

Sibawaihi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Merangin terus berusaha meningkatkan perhatian terhadap penyandang difabilitas.

Selain itu, Sibawaihi sangat mengapresiasi bantuan yang diupayakan oleh Hj.Yusniana, sebagai bukti perhatian bagi masyarakat lemah.

Ketua Pembinaan dan Perlindungan Difabel Indonesia (PPDI) Merangin, Buya Hadrani, dalam sambutannya mengatakan, pada Juni 2015, tim difabilitas Kabupaten Merangin meraih prestasi juara 3 nasional dalam paralimpik tingkat nasional (perlombaan olahraga bagi para penyandang difabel).

Hadrani menjelaskan, awalnya, Kabupaten Merangin tiap bulan menerima bantuan berupa kursi roda 3 unit per bulan sejak beberapa waktu yang lalu.

Hadrani menceritakan, awalnya kursi roda diberikan kepada orangtua penyandang stroke, yang sudah dua tahun tidak bisa ke mesjid, sekalipun jarak rumah ke mesjid sangat dekat.

Selanjutnya, Hadrani mengajukan permohonan kursi roda sebanyak 103 unit kepada Ibu Ernawati dan Ibu Sherly dan Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Yusniana Hasan Basri.

Dikatakan oleh Hadrani, ternyata, kebutuhan kursi roda di Merangin saat ini berkembang, yakni sebanyak 198 unit, dan kekurangannya akan diupayakan lagi.

Hadrani juga mengatakan bahwa PPDI Merangin akan mengusahakan kaki palsu kepada orang-orang yang membutuhkan kaki palsu di Kabupaten Merangin.

Ketua Penghubung Penyandang Difabilitas Jambi – Jakarta (warga Jakarta yang berasal dari Jambi), Ernawati Budin, dalam laporannya menyampaikan, akan menyerahkan 103 unit kursi roda kepada penyandang difabilitas di Kabupaten Merangin.

Ernawati mengatakan, dalam kegiatan ini, dia tidak sendiri, tetapi ada juga Ibu Sherly, yang berusaha memenuhi kebutuhan bagi penyandang difabilitas dan bantuan pengobatan kepada warga Provinsi Jambi yang mengidap berbagai penyakit.

Ernawati menegaskan, masyarakat Jambi di Jakarta mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasdim Sarko, Ketua TP PKK Kabupaten Merangin, Hj.Esnidar Al Haris, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Hj.Lovia Ridham Priskap, serta para undangan lainnya. (lia/hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here