Home INTERNASIONAL Intersepsi Jet Tempur AS, China Langgar Aturan Main Kedua Negara

Intersepsi Jet Tempur AS, China Langgar Aturan Main Kedua Negara

221
0
Foto : iLustrasi

Jakarta, Mediatransparancy.com – Pekan lalu saat pesawat militer AS berada di wilayah udara internasional tengah melakukan patroli rutin. Tiba-tiba dua jet tempur J-11 China terbang 15 meter dari pesawat EP-3 milik AS. Peristiwa ini terjadi di timur Pulau Hainan.

Amerika Serikat memprotes intersepsi jet tempur mereka oleh angkatan udara China di atas laut sengketa, Laut China Selatan, pekan lalu. Menurut AS, China melanggar kesepakatan kedua negara soal aturan main di udara.

Reuters memberitakan pada Kamis (26/5), AS dan China menandatangani kesepakatan tahun lalu soal perilaku dalam pertemuan kedua jet tempur di udara dan pembentukan hotline militer kedua negara.

Pencegatan pesawat AS pekan lalu menurut Pentagon adalah pelanggaran kesepakatan tersebut karena dinilai tidak aman.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China Yang Yujun membantah hal itu dan mengatakan jet tempur mereka telah bertindak secara profesional dan sesuai dengan kesepakatan kedua negara.

Dia juga mengatakan, cara terbaik agar hal serupa tidak terjadi adalah dihentikannya penerbangan oleh militer AS di wilayah itu.

Kesepakatan kedua negara soal perilaku di udara mencakup hal yang luas, mulai dari frekuensi radio selama panggilan darurat hingga sikap fisik saat krisis.

Intersepsi itu terjadi di tengah ketegangan antara China dan AS terkait isu Laut China Selatan. China mengklaim sebagian besar wilayah yang diyakini kaya minyak tersebut, dan merupakan jalur perdagangan dengan nilai hingga US$5 triliun per tahun.

Penulis : Chris Muryat/Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here