Home NASIONAL Jalan Mulus dan Lebar, Masih Perlukah Aceh Jalan Tol ?

Jalan Mulus dan Lebar, Masih Perlukah Aceh Jalan Tol ?

351
0
Foto : Jalan Nasional di Provinsi Aceh.

Jakarta, Mediatransparancy.com – Jalan Tol identik dengan jalan bebas hambatan, jalan mulus dan pastinya kuat untuk dilewati baik kendaraan kecil maupun kendaraan besar.

Pembangunan jalan Tol sudah merata baik Jawa, Bali dan Sumatera sekarang dikebut untuk menambah lancarnya alat transportasi darat supaya perjalanan semakin cepat dan terhindar dari kemacaten.

Provinsi Aceh, terletak di ujung paling barat dari pulau sumatera yang terkenal sejak dulu memiliki jalan penghubung antar kota/kabupaten yang mulus dan lebar layaknya jalan Tol.

Kendati memiliki jalanan terbaik, pembangunan jalan tol dari Lampung hingga Aceh tetap perlu dilakukan sebagai konektivitas wilayah di masa mendatang. Lelang jalan tol Aceh sendiri paling lambat dilakukan akhir tahun ini.

“Itu program prioritas 2017. Jadi apa pun dilakukan agar tetap jalan. Ketika bicara prioritas kita nggak bicara anggaran seluruhnya. Konektivitas bagaimana pembangunan lebih merata, termasuk daerah perbatasan dan infrastruktur daerah terluar,” kata Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Wismana Adi di kantornya, Taman Surapati, Jakarta, dikutip detik.com, Jumat (12/8/2016).

Menurutnya, meski lalu lintas di provinsi dengan sebutan di Serambi Mekkah tersebut masih sepi, pembangunan jalan tol akan menjadikan perekonomian Aceh bisa tumbuh lebih cepat.

“Infrastruktur kan kita ikuti apa yang sudah ada dalam rencana pembangunan jangka menengah. Infrastruktur tol ini kan tentu mendukung berbagai sektor ekonomi daerah dan kebutuhan daerah, dan pendukung konektivitas antar wilayah,” ujar Wismana.

Jalan tol Aceh rencananya akan mulai dilelang pekerjaan konstruksinya pada akhir 2016, sehingga pekerjaan fisik bisa dimulai pada awal 2017.

Sama seperti jaringan Tol Trans Sumatera yang saat ini sudah mulai dikerjakan, tol Aceh juga akan dikerjakan sebagai penugasan kepada PT Hutama Karya.

Lelang yang akan dilakukan sendiri dimaksudkan untuk mencari kontraktor pelaksana pembangunan konstruksi fisik jalan tol.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here