Home DAERAH Jateng Targetkan Jadi Provinsi Nomor Satu

Jateng Targetkan Jadi Provinsi Nomor Satu

300
0
Foto : Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP pada Resepsi Kenegaraan HUT ke-71 Kemerdekaan RI bertajuk Indonesia Kerja Nyata di Gedung Grhadika Bhakti Praja, Rabu (17/8) malam.

Semarang, Mediatransparancy.com – Semangat perjuangan mengisi kemerdekaan RI dibuktikan dari kesiapan masing-masing pemerintah daerah (pemda) berkompetisi untuk menjadi pemda nomor satu di tanah air. Semangat tersebut juga dipupuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyediakan kualitas pembangunan di berbagai sektor.

“Studi Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapura itu mengatakan ternyata provinsi kedua dari segala performance yang bagus itu Jawa Timur dan yang ketiga adalah Jawa Tengah. Saya ingin Jawa Tengah menjadi nomor satu. Kita bisa mengejar karena kita punya modal sosial yang tinggi. Masyarakatnya guyub,” terang Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP pada Resepsi Kenegaraan HUT ke-71 Kemerdekaan RI bertajuk Indonesia Kerja Nyata di Gedung Grhadika Bhakti Praja, Rabu (17/8) malam.

Ganjar mencontohkan semangat yang ditunjukkan para pengusaha lokal asal Purbalingga untuk membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Mereka berhasil mengekspor rambut palsu (wig) dan bulu mata berkualitas hingga ke Hollywood. Tak hanya itu, mereka juga mengekspor knalpot mobil yang saat ini digunakan oleh brand Mercedes Benz.

“Di Purbalingga itu ternyata pengekspor wig, bulu mata, dan knalpot. Wig dan bulu mata itu ekspornya ke Hollywood. Sementara, knalpotnya sudah nempel di (mobil) Mercedes Benz di Jerman. Suatu produktivitas daerah yang luar biasa,” beber orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Semangat kerja nyata itu, imbuh gubernur, terus dipupuk di dalam diri masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) pada setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dengan demikian, asa Jawa Tengah menjadi provinsi nomor satu di masa mendatang dapat segera terwujud.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memeroleh anugerah Smart City Nusantara Award. Penghargaan diserahkan Executive Vice President Telkom Regional Jawa Tengah dan DIY Joko Raharjo kepada Gubernur Ganjar. Menurut Joko, penghargaan tersebut diberikan kepada 71 pemerintah daerah terpilih atas keberhasilan pemanfaatan teknologi informasi berdasarkan kriteria connectivity, content, collaboration, dan community.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selanjutnya akan memeroleh layanan gratis selama satu tahun dari Telkom berupa layanan wifi ID managed service di sepuluh access point, layanan pustaka digital, layanan UData Social Media Analitic, dan layanan Smart City Nusantara Community.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here