Home News Jelang UNBK SMP dan Ujian Sekolah, Pengawas Dihararapkan Lakukan Pengecekan

Jelang UNBK SMP dan Ujian Sekolah, Pengawas Dihararapkan Lakukan Pengecekan

252
0
Foto : Kadispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Psi, MM

Surabaya, Mediatransparancy.com – Meski pelaksanaan UNBK SMP/MTs berlangsung pada 09-12 Mei mendatang namun berbagai persiapan telah dilakukan Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) Surabaya, hal tersebut tidaklah lain guna mensukseskan jalannya UNBK 100 persen SMP/MTs.

Persiapan diawali pada Kamis (21/04) lalu dengan melakukan finalisasi server dan mempersiapkan gladi bersih, sedangkan pada Sabtu (23/04) dilakukan sinkronisasi gladi bersih, dan pada hari ini, Senin (25/04) sampai Kamis (28/04) dilakukan kegiatan gladi bersih bersama sesuai urutan jadwal UN (Senin-Bhs Indonesia, Selasa-Matematika, Rabu-Bahasa Inggris, Kamis-IPA).

Di hadapan 93 pengawas, 31 penilik dan para kepala UPTD BPS se-wilayah Surabaya, Kadispendik Surabaya Dr. Ikhsan, S. Psi, MM mengemukakan agar dalam mempersiapkan UNBK di tingkat SMP/MTs nantinya pengawas diharapkan membantu pengecekan jaringan kabel di sekolah-sekolah ketika melakukan kegiatan monitoring di lapangan.

Tujuannya ialah, agar dalam pelaksanaan UNBK berjalan lancar jadi meminimalisir gangguan teknis sehingga pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

“Pastikan jaringan kabel baik itu untuk internet ataupun kelistrikan tidak ada yang ngefong, ataupun mengganggu pelaksanaan simulasi sampai hari H UNBK SMP/MTs”, jelas Ikhsan.

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya tersebut agar para pengawas ketika membutuhkan informasi terkait pelaksanaan UNBK ataupun ujian sekolah. Mulai dari jadwal, pemberitahuan/pengumuman, sampai data statistik UNBK dapat langsung mengakses website UNBK Kota Surabaya melalui dispendik.surabaya.go.id/unbk.

Sementara itu terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016, Ketua PPDB Kota Surabaya 2016 Ir. Yusuf Masruh, menjelaskan bahwa saat ini masyarakat dapat melakukan uji coba ataupun latihan mendaftar melalui website ppdbsurabaya.net. Menurutnya di dalam website tersebut memuat berbagai jenis ketentuan dan persyaratan terkait PPDB.

Yusuf mencontohkan, salah satu ketentuan untuk calon peserta didik baru yang berasal dalam kota terdapat dua macam, yakni dalam kota dan mutasi. Dalam kota yang dimaksud ialah sekolah asal dari dalam surabaya dan tercatat sebagai warga surabaya ditunjukkan dengan kepemilikan kartu keluarga (KK) orang tua dan calon siswa baru dalam satu KK Surabaya. Sedangkan mutasi, sekolah asal dari luar surabaya namun masih tercatat warga surabaya.

“Semua informasi terkait PPDB dapat dengan mudah dilihat melalui website”, ujar Yusuf.(humas surabaya.go.id)

Editor : Muryat Panuju

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here