Home NASIONAL Jenazah Rani Andriani Dimakamkan di Ciranjang

Jenazah Rani Andriani Dimakamkan di Ciranjang

246
0
Ilustrasi, Eksekusi mati terhadap bandar narkoba

Cianjur, Mediatransparancy.com – Jenazah Rani Adriani, yang dihukum mati karena kasus narkoba pada Ahad dinihari, akan dimakamkan di Ciranjang, Cianjur, Jawa Barat. Warga Desa Ciranjang Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah menyiapkan lahan untuk pemakaman Rani pada Sabtu, 17 Januari 2015. (Baca : Terpidana Mati Narkoba Dieksekusi Pukul 00.30)

Selain menggali tanah untuk kuburan, warga juga mendirikan tenda di sekitar makam. Ayi Sudarman, Ketua RW setempat, mengatakan, warga membantu menggali makam di pemakaman keluarga Rani. “Warga di sini ingin membantu,” kata Ayi di Cianjur, Sabtu 17 Januari 2015. (Baca : Pakaian Putih, Terpidana Bertanda Tembak di Dada)

Jenazah Rani diperkirakan akan tiba di Cianjur pada Ahad pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Rani dieksekusi di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada Ahad tengah malam, 18 Januari 2015. Ia dieksekusi bersama empat terpidana lainnya di Nusakambangan. Mereka adalah Marco Archer Cardoso, Ang Kiem Soei alias Tommy Wijaya, Namaona Denis, dan Daniel Enemuo. Satu terpidana mati lainnya, Tran Thi Bich Hanh, warga Vietnam, akan dieksekusi di Boyolali.

Kepada awak media, kuasa hukum Rani, Yudi Junadi, mengatakan Rani ingin dimakamkan di samping makam ibunya di Cianjur, Jawa Barat, setelah menjalani eksekusi.

Rani divonis mati oleh Pengadilan Negeri Tangerang pada 22 Agustus 2000 karena menyelundupkan 3,5 kilogram heroin. Dalam kasus tersebut, Rani terlibat bersama sepupunya, Meirika Franola alias Ola, serta seorang lurah di Cianjur bernama Deni Setia Marhawan. Deni adalah sepupu Ola.

Tapi Ola dan Deni, yang juga divonis mati, mendapat grasi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012. Mereka kemudian dihukum seumur hidup. Adapun grasi yang diajukan Rani ditolak Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 27/G 2014.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here