banner 728x250

KAI Tetap Perketat Protokol Kesehatan Dimasa Libur Nasional

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No: 7/2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No: 20/2021 yang menyatakan selama Libur Keagamaan dan Libur Panjang, maka pada tanggal 11 dan 14 Maret 2021, penumpang KA Jarak Jauh diwajibkan melakukan tes RT-PCR/ Rapid Antigen/ GeNose C-19 yang samplenya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan. Hasil tes surat bebas Covid-19 tersebut harus menunjukan Hasil Negatif. Bagi calon penumpang anak di bawah 5 tahun tidak diwajibkan melakukan RT PCR/ Rapid Test Antigen/ GeNose Tes.

Hal tersebut berlaku dalam menghadapi liburan Hari Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW (11 Maret 2021) dan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1943 (14 Maret 2021).

judul gambar

Sementara untuk keberangkatan di luar tanggal tersebut, calon penumpang dapat menunjukan surat bebas Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan.

“Dalam rangka menyelenggarakan angkutan transportasi yang tetap menerapkan protokol kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon meminta kepada masyarakat yang akan mengunakan perjalanan kereta api pada tanggal 11 dan 14 Maret 2021, agar dilengkapi dengan surat bebas Covid-19 berupa Hasil Negatif dari Tes RT-PCR/ Rapid Test Antigen/ GeNose C-19, dimana sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan,” Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan transportasi KA di masa pandemi adalah: Calon penumpang KA dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius, menggunakan masker pribadi dan mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI, mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA. Serta mengimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Menghadapi 2 Hari Libur Nasional tersebut, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat  45 perjalanan KA setiap harinya yang melintas, yang terdiri dari 32 KA yang berhenti dan berangkat dari Stasiun Cirebon, serta 13 KA yang berhenti dan berangkat dari Stasiun Cirebon Prujakan.

“Ke-45 perjalanan KA tersebut menuju ke berbagai kota di wilayah Pulau Jawa. Untuk tujuan akhir dari perjalanan Kereta apinya terdiri dari ke arah Jakarta sebanyak 21 KA, Ke arah Surabaya 7 KA, ke arah Solo 4 KA, ke arah Malang 3 KA, masing – masing 2 KA ke arah Tegal, Yogyakarta, Semarang, Blitar, dan 1 KA ke arah Kutoarjo,” pungkas Suprapto.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *