Home Berita Terbaru Kapolda Sumut dan Gubsu Pantau Pilkada Serentak di Wilayah Tapteng dan Tebing...

Kapolda Sumut dan Gubsu Pantau Pilkada Serentak di Wilayah Tapteng dan Tebing Tinggi

185
0

TAPTENG, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kapolda Sumut Irjenpol Ryco Amelza Dahniel didampingi Gubsu Tengku Erry Nuradi melaksanakan kunjungan kerja untuk memantau langsung penyelenggaraan Pilkada Serentak di wilayah Sumatera Utara yang salah satunya di wilayah Tapanuli Tengah pada hari Rabu (15/2/17) pagi ini.

Dalam kesempatan itu, Gubsu,T Erry Nuradi meminta untuk masing-masing Pasangan Calon beserta Tim Sukses dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi tetap aman, kondusif, dan lancar pasca pemungutan suara, karena semua Paslon telah menanda tangani Fakta Integritas bersama yakni Siap Menang dan Siap Kalah.

Foto: Kapolda Sumut Irjenpol Ryco Amelza Dahniel didampingi Gubsu Tengku Erry Nuradi

Dalam kesempatan itu juga, Gubsu berharap, pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayah Sumut yang dilaksanakan di dua tempat yaitu Tapanuli Tengah dan Tebing Tinggi berjalan aman dan lancar.

Dalam kesempatan itu juga Kapolda Sumut mengatakan, pihaknya telah menurunkan kekuatan yang terdiri dari TNI – Polri sebanyak 3.100 personil terdiri dari 1.600 personil yang berasal dari Tapteng sendiri dan 1.400 personil dari Tebing Tinggi.

“Kami juga menstandbykan anggota untuk membackup yakni 2 Kompi Brimob dari masing-masing daerah,” kata Kapoldasu.

Menurut Kapoldasu, Tapanuli Tengah memiliki riwayat rawan konflik Pilkada, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, setiap TPS dijaga oleh satu orang petugas dan jumlah TPS di Tapteng sebanyak 553 TPS yang tersebar di 20 Kecamatan dan 215 Desa.

Sedangkan jumlah pemilih yang terdaftar Di DPT sebanyak 230.775 pemilih yang terdiri dari 114.651 pemilih pria dan 116.116 pemilih wanita.

Dalam kesempatan ini, Kapoldasu berpesan kepada petugas agar menjalankan tugas dengan netral dan harus memastikan para pemilih dapat menunaikan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.

“Jika ada pihak-pihak yang mencoba berbuat kerusuhan, maka kami akan bertindak tegas sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Irjen Pol Ryco Amelza Dhaniel.

Foto: Gubsu, Tengku Erry Nuradi

Dalam kunjungan ini, Kapoldasu dan Gubsu bersama rombongan mendatangi 3 TPS diantaranya tepat pukul 10.00 WIB menuju TPS 1, Desa Sitomang Bangun, Kecamatan Pinang Sori.

Selanjutnya, rombongan menuju TPS 2 Desa Hutabalang, Kecamatan Badri.

Dari 527 pemilih yang terdaftar di DPT terdiri dari 263 pemilih perempuan dan 364 pemilih pria.

Terakhir rombongan memantau TPS 3 Desa Pandan Wangi, Kecamatan Pandan. Di TPS ini terdiri dari 694 pemilih diantaranya 364 pria dan 263 wanita.

Pejabat Polda Sumut yang mendampingi Kapoldasu antara lain, Karo Ops, Dirreskrim, Dirpamovit, Kabid Propam, Kabid Humas, Kapolres Tapteng, dan Kapolres Kota Sibolga.

Sementara itu, yang mendampingi Gubernur Provinsi Sumut antara lain, Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea, Plt Bupati Tapteng, B Tambunan, Plt Kabiro Humas dan Protokoler, Ilyas Sitorus, dan pejabat FKPD dan SKPD.

Sementara itu, Camat Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara, Rudolf Sihotang, SPd menyampaikan, pelaksanaan Pilkada Serentak di 5 Kelurahan, Kecamatan Sarudik berjalan lancar, dan jumlah TPS di Lima Kelurahan yakni Kelurahan Sarudik, 4.871 DPT, Sibuluan Nalambok, 3.480 DPT, Sopan, 471 DPT,Pasir Bidang, 3.150 DPT, dan Pondok Batu, 2.872, sedangkan jumlah TPS sebanyak 24 TPS dengan jumlah DPT 14.445 orang terdiri dari 7.184 perempuan, 7.261 laki-laki.

Menurut Rudolf, partisipasi masyarakat untuk ikut memilih tahun ini meningkat dibandingkan pelaksanaan Pilkada masa lalu yakni hanya sekitar 50%.

“Pilkada tahun ini sebanyak 14.445 DPT terdiri dari laki-laki 7.174 orang dan perempuan 7.261 orang. Jumlah yang hadir 8.303 orang dan tidak hadir 6.142 orang,” kata Rudolf Sihotang yang disampaikan melalui WA tadi malam.

Sementara itu, jumlah perolehan suara untuk Paslon Amin Napitupulu–Ramses Hutagalung (Amira) yang diusung PDIP, Golkar, PAN, Demokrat, dan NasDem sebanyak 3.158 suara, Paslon
Bakhtiar Ahmad Sibarani–Darwin Sitompul (Badar) yang diusung Hanura, PKS, PPP, dan PBB sebanyak 3.473 suara, Paslon Jalur Perseorangan, Buyung Sitompul–Binsar Saruksuk (Besar) sebanyak 603 suara, dan Jalur Perorangan
Rantinus Manalu–Sodiqin Lubis (Paus) sebanyak 931 suara.

Suryanto/Ebenezer Sihotang
alterntif text

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here