Home BERITA TERBARU Kapolres Cirebon Kota Sambut dan Dampingi Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jabar...

Kapolres Cirebon Kota Sambut dan Dampingi Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jabar di Kantor Imigrasi Kelas I A TPI Cirebon

104
0

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Jawa Barat mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I A TPI Cirebon. Kegiatan yang berlangsung di Kantor Imigrasi Kelas I A TPI Cirebon, dihadiri juga oleh tim sapu bersih pungli Provinsi Jawa Barat, Selasa (4/8/2020) sore.

Kunjungan ini dipimpin Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Drs. Syahri Gunawan didampingi AKBP Harso Pudjo Hartono, Kabid Datin Pembina Tk.1 M. Yudi Ahadiat, Pokja Pencegahan Pembina Madya Ahmad Kapi Sutisna, Pokja Penindakan Kapten Pom Gingin Ginanjar beserta staf Satgas, Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda serta Ketua UPP Saber Pungli Kota Cirebon, dan Wakapolres Cirebon Kota Kompol Ali Rais Indraha.

Ketua Pelaksana Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, yang juga Irwasda Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Syahri Gunawan memberikan pengarahan dan penguatan bekerja tanpa pungutan liar. Kombes Pol. Syahri Gunawan juga memaparkan “Secara konstitusi setiap warga negara berhak mendapatkan pelayanan publik yang sama, untuk itu diperlukan regulasi yang berkualitas, pembangunan dan penegakan budaya hukum yang kuat.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon telah banyak menciptakan inovasi-inovasi pelayanan sehingga pantas mendapatkan predikat WBK dan WBBM. Setiap inovasi yang dibuat sebagai langkah untuk mencegah adanya pungli dan gratifikasi. Untuk itu mari kita ciptakan pembangunan dan tegakan budaya hukum yang kuat serta kita harus mampu memaparkan tentang pentingnya nilai integritas dalam penerapan kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Menurut Syahri kehadiran kami ke Kantor Imigrasi Kelas I A TPI Cirebon untuk memberikan pengarahan dan penguatan dalam rangka pencegahan pungutan liar.

“Kalau dari provinsi saja yang bekerja, kemudian dibawah OPP, kewilayahan Kabupaten/Kota tidak bekerja maka hasilnya tentu kurang maksimal,” ujarnya saat wawancara di Kantor Imigrasi Cirebon.

“Sehingga, kami datang kesini untuk bersinergi dengan wilayah, supaya pungli ini kedepannya tidak ada lagi,” tambahnya.

Menurut Syahri, dalam agenda pengarahan Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat Dalam Rangka Penguatan Pencegahan Bekerja Tanpa Pungli Di Lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon bahwa pungutan liar terjadi lebih banyak di pelayanan publik. Dari hasi kunjungan kami di Kantor Imigrasi Cirebon ini sudah baik, bahkan inovasi-inovasi banyak.

“Dengan inovasi-inovasi yang ada disini, tidak ada lagi celah terjadinya pungli. Apalagi disini memiliki program yang baik seperti imigrasi masuk desa dan ada drive thru,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda melalui Kasubbag Humas IPTU Ngatidja mengimbau kepada masyarakat agar tidak memberikan ruang gerak dan kesempatan akan adanya pungli di sentra-sentra pelayanan pemerintahan, termasuk juga pungutan tidak resmi yang dilakukan pihak non pemerintahan. Silahkan menghubungi layananan pengaduan yang sudah diberikan untuk memastikan bahwa pungli tidak terjadi di Kota Cirebon.”

“Kita juga selalu memberikan sosialisasi melalui talkshow agar masyarakat untuk mencegah pungli,” pungkas Ngatidja.

Penulis: Yudi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here