Home NASIONAL Kapolri Tito Karnavian Mengganti Kapolda di 5 Daerah, Ada Apa ?

Kapolri Tito Karnavian Mengganti Kapolda di 5 Daerah, Ada Apa ?

254
0

Jakarta, Mediatransparancy.com – Jabatan Kapolda di beberapa daerah mengalami rotasi semenjak Jendral Tito Karnavian menjabat Kapolri. Melalui surat telegram Kapolri nomor ST/2324/X/2016 tanggal 3 Oktober 2016 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Syafruddin, Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin diangkat dalam jabatan baru yang ditinggalkan oleh Raja Erizman, yakni Kasespimma Sespim Polri Lemdikpol. Posisi Kapolda Lampung lalu dijabat oleh Brigjen Sudjarno.

Posisi Kapolda Sumut juga diganti, Irjen Budi Winarso diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol. Posisi Kapolda Sumut sendiri akan dijabat oleh Irjen Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya adalah Ketua STIK Lemdikpol.

Selain itu, rotasi juga menghampiri Kapolda Banten Ahmad Dofiri. Dia diangkat dalam jabatan baru sebagai Karosunluhkum Divkum Polri. Jabatan Kapolda Banten sendiri akan diisi oleh Kombes Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya mendapat penugasan sebagai ajudan presiden Jokowi.

Kapolda Bengkulu juga diganti dari Brigjen Ghufron ke Brigjen Yovianes Mahar yang sebelumnya adalah Kapolda Bangka Belitung (Babel). Sementara jabatan Kapolda Babel diisi oleh Brigjen Anton Wahono.

Sementara sisanya adalah para pamen yang dirotasi di tingkat Polda. Tercatat ada dua TR yang keluar, pertama ada 14 pati dan pamen, kedua ada empat pamen dengan nomor TR ST: 2435/X/2016 yang juga ditandatangani Wakapolri Komjen Syafruddin.‬ ‪

Dikonfirmasi Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar membenarkan turunnya TR ini. “Iya benar, semua didasarkan pada kebutuhan organisasi dan juga mengisi kekosongan yang ditinggalkan pejabat yang purna bakti atau pensiun. Juga penyegaran, ada yang dapat promosi,” katanya.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here