banner 728x250

Kasat Reskrim Polres Aceh Timur: Orang Tua dan Lingkungan Sangat Dominan Dalam Mendidik Anak

judul gambar

Transparancy Aceh Timur – Belakangan ini, tindakan penganiayaan dan pengeroyokan baik dari kalangan remaja hingga dewasa marak terjadi.

Menyikapi hal tersebut, Kasat Reskrim Polres Aceh Timur Polda Aceh, Iptu Muhammad Rizal, S.E.,S.H.,M.H. menyebutkan kenakalan remaja belakangan ini terjadi secara spontan saja, tidak ada unsur balas dendam sehingga berujung penganiayaan dan sebagainya.

judul gambar

“Aksi kenakalan remaja yang belakangan terjadi di wilayah hukum Polres Aceh Timur ini dilakukan karena spontanitas saja, tidak ada unsur balas dendam, lantaran para pelaku tidak saling kenal sebelumnya,” kata Rizal. Selasa, (16/04/2024).
Lebih lanjut, mantan Kasat Reskrim Polres Pidie ini mengatakan bahwa tindakan remaja selama ini juga tidak terlepas dari lingkungan ia berteman. Oleh sebab itu, maka peran orang tua harus selektif dalam mengawasi anak anaknya.

“Cari informasi di mana dan dengan siapa anaknya berkawan. Karena saat di rumah bisa saja anak anak pendiam, penurut akan tetapi saat di luar rumah setelah berkumpul dengan kawan kawannya kalau tidak dikontrol atau diawasi, orang tua tidak tahu bagaimana perilaku anak anaknya,” ungkap Rizal.
Menurutnya, guna meminimalisir segala bentuk tindakan kejahatan dan premanisme, Polres Aceh Timur melakukan patroli ke lokasi yang dianggap rawan terhadap tindak pidana dan kenakalan remaja. Tidak hanya di bulan puasa, namun terus berkesinambungan memperkecil ruang gerak para pelaku tindak pidana.

“Selama bulan puasa kemarin Bapak Kapolres Aceh Timur memerintahkan kepada kami untuk melaksanakan patroli pada jam jam dan lokasi yang rawan terjadi aksi tindak pidana dan kenakalan remaja dengan melibatkan Sat Samapta, Sat Lantas dan polsek,” sebut Rizal.

Ditegaskan kembali, orang tua harus mendorong anaknya untuk kegiatan positif seperti mengaji atau berolahraga dan beragam jenis kegiatan positif lainnya yang dapat dilakukan. “Kalau anak anak sudah sibuk dengan kegiatan kegiatan positif, saya yakin anak anak tidak akan terpengaruh dengan hal hal yang negatif. Pada intinya orang tua dan lingkungan sekitar tempat tinggal sangat berperan untuk mendidik anak anak,” ujar mantan Kapolsek Gandapura Polres Bireuen ini.

Disamping itu ia mengimbau kepada para orang tua untuk memberlakukan jam malam pada putra putrinya.
“Apabila sudah pukul 22.00 WIB putra putrinya belum ada di rumah segera dicari. Hal ini untuk menghindari putra putrinya menjadi korban atau pelaku tindak pidana.” Terang Kasat Reskrim Polres Aceh Timur Iptu Muhammad Rizal, S.E.,S.H.,M.H.(SR)

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.