banner 728x250

Kasatpol PP DKI Jakarta Siapkan Petugas Bantu Warga Penanggulangan Banjir Musim Hujan

  • Share

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Dalam rangka perubahan musim yang kemungkinan akan terjadinya banjir di Jakarta, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta, siap siaga kan personil Pol PP dan kendaraan perlengkapan dapur umum.

Arifin Kasatpol PP DKI Jakarta, memimpin apel kesiap Siagaan dan mempersiapkan anggotanya untuk membantu warga dititik titik rawan genangan air yang kemungkinan akan mengalami kebanjiran. Apel tersebut dilangsungkan di halaman parkir kendaraan kendaraan operasional kantor Wali Kota Jakarta Utara, 17/12/2020.

judul gambar

Dalam kesempatan tersebut, Arifin, mengingatkan personel Pol PP agar berperan dalam mengemban tugas kemanusiaan saat musim hujan tiba. Satpol PP yang berfungsi sebagai pelaksana penegakan Peraturan Daerah (Perda), juga mempunyai tugas yaitu sosial kemanusiaan untuk memberikan perlindungan kenyamanan kepada seluruh warga yang membutuhkan termasuk yang berkenaan dengan bencana banjir. ucap Arifin sembari memberitahukan dan mengingatkan pedoman tiga kunci Sitala yakni Siaga, Tanggap dan Galang dalam kesiapsiagaan bencana banjir.

“Setiap personel wajib mempersiapkan dan mengecek seluruh kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki. Sebagaimana motto di lapangan yakni, Tanggap yaitu seluruh personel menjalankan peran masing-masing dalam memberikan kontribusi bagi warga yang terdampak bencana. Serta galang yaitu seluruh personel harus mampu berkolaborasi, baik dengan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) lain, swasta maupun masyarakat”, ujarnya.

Ditambahkan, jika bencana banjir datang personil harus hadir ditengah tengah masyarakat untuk membantu meringankan beban warga dari dampak bencana tersebut. Namun personil harus mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan yang disebut 3M yakni, memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci tangan, untuk menghindari penyebaran Corona Virus Disease Ninetine (Covid-19).

“Personil Pol PP dihimbau juga supaya menggunakan pakaian hujan yang telah di sediakan. Jaga Kesehatan masing masing anggota saat hujan turun nanti”, ujar Arifin menegaskan.

Penulis : P Sianturi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *