banner 728x250

Kasektor SDCKTRP : Bangunan JL. Kelapa Puan Timur Kelapa Gading Jakarta Utara, Sudah Direkomtek Ke Satpol-PP

  • Share

TRANSPARANCY – Kepala Sektor Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang & Pertanahan, Kelapa Gading, Alia  Membantah dan menepis isue tudingan miring terkait pelanggaran izin yang marak di wialayahnya.

“Tidak ada komfromi dengan pelanggaran Izin Mendirikan Bangunan di Kecamatan Kelapa Gading, kalau ada yang melanggar kita langsung Rekom Tek (Rekomendasi Teknik ke Unit terkait”. Kita sudah melakukan sesuai dengan tupoksi kita” Tegasnya.

judul gambar
Foto/MD: IMB 3 lantai tapi dibangun 5 latai

Bangunan di JL. Kelapa Puan Timur 1 Blok NB 1 No.1 Rt 01/Rw012.  Kelurahan Pegangsaan Dua. Kecamatan Kelapa Gading. No: IMB. 37/C/31.72.06.1002.06.014.R4/31.785.51/e/2020 /28.02.2020. Sudah kita Rekomtek ke Satpol-PP”.

Bangunan tersebut sudah pernah dilakukan bongkar paksa Satpol-PP, di pimpin langsung  oleh Kasi Ops dan Pengendalian, Luasman Simanihuruk. Kamis (26/11/2021, Mulai Pukul 10:11 Wib s/d selesai. Ironisnya, Bangunan hanya hitungan minggu, pemilik bangunan kembali melakukan kegiatan membangun.

“Jadi untuk ranah pembongkaran bukan ranah kita, klo dulu iya. Sekarang yang melakukan tindakan pembongkaran adalah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Utara”.

Hanya saja, ketika ditanya, bukti Rekomtek (rekomendasi teknik), “katanya sudah disampaikan kepada Satpol-PP, tanggal berapa, bulan berapa, dirinya mengelak dan tidak memperlihatkan bukti rekomtek, dengan alasan bukan kapasitasnya, melainkan Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan”.

Lebih lanjut dikatakan, “tanggung jawab kita sudah selesai”, dan sekarang ranah pembongkaran ditangan Satpol-PP Kota Administrasi Jakarta Utara. Silakan konfirmasi  kepada Satpol- PP”. Ujarnya mengakhiri. Selasa (20/4/2021) tepat pukul 10:12 Wib, diruangannya.

Pantauan dilapangan, “saat  ini bangunan sudah hampir rampung dan  selesai dan mencapai 98 % dan sepertinya belom ada tindakan bongkar dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Utara

Izin Rumah Tinggal 3 Lt, Fakta dilapangan kondisi maupun bentuk bangunan tidak mirip dengan rumah tinggal melainkan mirip dengan kantor. “ dengan 5 Lt  dan rencana menggunakan  Lift, diduga  melanggar KLB (Koefisien Lantai Bangunan), KDB (Koefisien Dasar Bangunan & melanggar  GSB (Garis Sempadan Bangunan)/GSJ(Garis Sempadan Jalan  dan JBB (Jarak Bebas Belakang)”.

Informasi yang berkembang, “Pemilik bangunan saat ini  mau merubah izin peruntukan ke PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu ) Kota Administrasi Jakarta Utara, izin yang sebelumnya adalah izin Rumah Tinggal menjadi izin Non Rumah Tinggal”.

Hingga berita ini diturunkan, Media Transparancy.com,  belum berhasil konfirmasi dengan Kasat-PP Kota Administrasi Jakarta Utara, Yusuf Majid terkait rekomtek Kasektor Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kecamatan Kelapa Gading.

“Diminta Inspektorat Provinsi DKI Jakarta dan Inspektorat Pembantu Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, untuk menindak lanjuti dan mengawal Rekomtek yang disampaikan Kasektor Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kecamatan Kelapa Gading”. Tegas M. Rizal belum lama ini.

Penulis: Parulian

 

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *