Home BERITA TERBARU KASIMIRUS (3), BOCAH GIZI BURUK AKHIRNYA PULIH KEMBALI

KASIMIRUS (3), BOCAH GIZI BURUK AKHIRNYA PULIH KEMBALI

274
0

JAYAPURA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Bocah laki-laki Kasimirus (3) putera dari pasangan suami isteri Ilyas( 43) dan Regina Tatame (37) warga Distrik Djoerat, Kabupaten Asmat yang jarak tempuh sekitar 2 jam dari Agast. Pasangan suami isteri ini menikah pada saat Rehina masih berusia 14 tahun.

Kasimirus anak paling bungsu dari 10 bersaudara penderita gizi buruk saat ini kondisinya dari gizi buruk sudah pulih kembali dan direncanakan usai perawatan akan kembali ke kampung halamannya untuk selanjutnya perawatan fase rawat jalan.

“Kasimirus dirawat di RSUD Agast sejak 25 Januari 2018 karena menderita gizi buruk tipe Marasmic + Hypiglikemia+ Anemia,” kata Letkol Laut (K) dr. Aminuddin Harahap, S.P. AM, Tr.Hanla sebagai Komandan Tim (Dantim) Kesehatan Gelombang III Satgas Kes TNI Asmat.

Menurut Letkol Laut (K) dr. Aminuddin Harahap, dari hasil keterangan orang tua, bahwa Kasimirus sudah malas makan dan berat badan semakin menurun sejak bulan November 2017 lalu.

“Waktu di bawa ke RSUD Agast, berat badannya hanya 6 kg sehingga bagaikan tulang dibalut kulit. Pada awal perawatan pasien ini sempat mendapat perawatan di High care unit (HCU) karena mengalami penurunakan kesadaran,” kata Letkol Laut (K) dr Aminuddin Harahap.

Namun, kata Dantim Kes Gel III Satgas Kes TNI Asmat ini, setelah mendapatkan perawatan secara intesif ( fase stabilisasi) di HCU, RSUD Agast, bocah Kasimirus berangsur-angsur mulai membaik, dan memasuki fase rehabilitasi, sudah mulai membaik ditandai dengan berat badan mulai bertambah dan bahkan aktivitas sehari-hari mulai tumbuh seperti mulai bisa tertawa, bermain-main, dan sudah merespon terhadap lingkungan.

“Kasimirus sudah mulai bertamah berat badannya, dan mulai bermain-main dan napsu makannya mulai kelihatan,” kata Letkol Aminuddin Harahap

Menurut Harahap, hari ini Minggu (25/2/2018) didampingi tim Kesehatan TNI, Kamirius si gizi buruk ini sudah diizinkan pulang tinggal perawatan jalan.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Tim Kesehatan TNI, karena anak saya Kasimirus telah sembuh dan dapat pulang hari ini setelah mendapatkan perawatan selama satu bulan di RSUD Agast,” kata Ilyas ayah Kasimirus.

Harahap menuturkan, seharusnya berangkat Sabtu (24/2/2018) kemarin, namun karena cuaca tertunda, baru pagi ini Tim 9 bersama keluarga dari Kasimirus bersama putranya dapat berangkat menuju Puskesmas Primapun bersama tim Kesehatan TNI yang diantaranya dr. Sumedi (Kementerian Kesehatan), Rahmayati (Ahli Gizi, Kemenkes), Serka Yoga (Perawat)  dan Kopda Sodik (Pam). (ES265)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here