banner 728x250

Kasus HIV-Aids Meningkat, Wakil Wali Kota Cirebon Ajak Terapkan Pola Hidup Sehat

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Penyebaran kasus HIV/Aids di Kota Cirebon kian mengkhawatirkan, peningkatan signifikan kasus justru terjadi di saat pandemik Covid-19 mewabah. Untuk mengatasinya perlu adanya sinergitas antar stakeholder sehingga akhir Aids 2030 dapat terwujud. Demikian dikatakan Wakil Wali Kota Cirebon, Hj Eti Herawati usai menghadiri Hari Aids Nasional tingkat Kota Cirebon di salah satu gedung pertemuan, di kawasan Jl Perjuangan, Kota Cirebon, Selasa (1/12/2020).

“Terjadinya kenaikan ini tentunya menjadi PR kita yang harus diselesaikan secara bersama stakeholder dan dinas terkait,” kata Eti.

judul gambar

Dikatakannya, HIV/Aids seperti fenomena gunung es dimana dengan kenaikan ini Kota Cirebon menempati angka penyebaran urutan keenam setelah sebelumnya di urutan kedua di Provinsi Jawa Barat.

“Penurunan angka bukan malah tenang, karena angkanya naik ini yang menjadi catatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Eti mengajak untuk bersama-sama menggalakan pola hidup sehat. Baik untuk aktivitas seksual maupun dalam penerapan protokol kesehatan.

“Itu sangat penting, karena aktiftas seksual sekian persen memberikan sumbangsih terhadap peningkatan kasus HIV-Aids ini,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati menyebutkan, jumlah kasus di Kota Cirebon per Oktober 2020 mencapai 267 kasus meningkat dari tahun 2019 Tahun sejumlah 189 kasus.

“Penyebabnya masih melalui hubungan sex menjadi resiko penularan,” jelasnya.

Seiring tema peringatan Hari HIV/Aids menuju akhir 2030, menurutnya bukanlah hal yang mudah, karena diakuinya banyak tantangan. Salah satunya yaitu melakukan upaya supaya ibu hamil tidak terinfeksi HIV-Aids dan populasi umum.

“Sehingga memerlukan kolaborasi dari semua sisi, semua bergerak sehingga memang tahun 2030 tidak ditemukan lagi di Kota Cirebon,” harapnya.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *