banner 728x250

Kecamatan Harian dan Sitiotio Butuh Perhatian Pemkab Samosir

  • Share

SAMOSIR, MEDIA TRANSPARANCY – Kurang lebih 16 tahun sejak terbentuknya Kabupaten Samosir yang dimekarkan dari Kabupaten Tobasa, ada dua Kecamatan terkesan jarang disentuh pembangunan yakni Kecamatan Harian dan Kecamatan Sitiotio.

Minimnya pembangunan bisa diakibatkan beberapa faktor, salah satunya “minimnya anggaran”.

judul gambar

JMT Pandiangan (69) yang merupakan perantau asal Desa Sebulan Kecamatan Sititotio sangat prihatin melihat kampung halamannya yang masih minim akan pembangunan baik dari APBD Kabupaten, APBD Propinsi maupun dari APBN.

Foto MT/S. Sitanggang

“Sudah tiga periode bupati di Samosir dan ini ke empat periode, tapi pembangunan di Kecamatan Harian dan Sitiotio sangatlah minim,” ungkap JMT Pandiangan saat bertemu Wartawan di Sampean Pintu Batu RM milik Goksan Simbolon. Selasa (21/9/2021).

Lebih lanjut JMT Pandeangan menjelaskan keluh kesahnya atas apa yang dialami masyarakat di dua Kecamatan itu.

“Kecamatan Sitiotio berbatasan langsung dengan Kabupaten Humbang Hasundutan, kita dapat membandingkan pembangunan yang dilakukan Humbang yang cukup cepat,” keluhnya.

Dia juga mengkhawatirkan masyarakat Sitiotio mengalami kejenuhan dan berpotensi memilih untuk pindah ke Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sedangkan untuk Kecamatan Harian, JMT berpendapat yang sama, selain minimnya pembangunan dari Kabupaten, menurutnya disana adalah potensi kekayaan alam yang perlu diselamatkan Pemkab Samosir.

“Sudah selayaknya Kecamatan Harian itu dibagi menjadi dua kecamatan, karena sangat Luas, khususnya di wilayah Tele yang begitu luas, disana merupakan lahan pertanian yang sangat strategis,” ujarnya.

Dengan demikian menurut JMT Pandiangan, Batas wilayah dengan Kabupaten tetangga juga akan terjaga dengan baik. Kemudian masyarakat Kabupaten Samosir memiliki lahan pertanian yang menjanjikan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samosir khususnya para petani.

Kendati demikian, JMT Pandiangan menaruh harapanya kepada kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati yang sekarang.

“Kita berharap dengan kepemimpinan Bupati kita yang baru ini, pembangunan di dua Kecamatan ini supaya diprioritaskan,” harapnya.

Penulis: S Sitanggang
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *