banner 728x250

Kejaksaan Negeri Kota BEKASI dengan Pencapaian Kinerjanya dalam Refleksi Akhir Tahun 2020

  • Share

BEKASI, MEDIATRANSPARANCY.COM – Dalam kilas balik dan refleksi akhir tahun Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bekasi melalui pencapaian kinerja, termasuk dengan program-program serta terobosan disepanjang Tahun 2020, merupakan prestasi yang patut disyukuri apalagi dimasa pandemi Covid-19.

Demikian yang disampaikan Sukarman, SH, MH usai mengikuti Rapat Kerja Kejaksaan RI melalui virtual Zoom Meeting dengan mengangkat tema “Komitmen Kejaksaan Menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional”. Hal ini tentunya dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat, guna memulihkan kembali perekonomian Indonesia yang terdampak akibat wabah Penyakit Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19).

judul gambar
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bekasi, Sukarman, SH, MH dalam suatu kesempatan saat melakukan kegiatan Pemusnahan Barang Bukti (Barbuk) yang telah memiliki Kekuatan hukum tetap (Inkrah) beberapa waktu lalu, yang merupakan salah satu prestasi dalam pencapaian kinerja Kejari Kota Bekasi tahun 2020 dimasa pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia dan dunia.dok-istimewa

“Pencapaian dalam Bidang Pembinaan berhasil membangun Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Aplikasi science e-digital, aplikasi e-office, penerimaan bukan pajak atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp 1,1 miliar lebih. Mendapatkan piagam penghargaan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dengan kategori Satuan Kerja (Satker) dengan PNBP BNN tertinggi,” kata Sukarman.

Dalam pemaparannya, Sukarman juga mengungkapan capaian kinerja di Bidang Pidana Umum, pengoptimalan aplikasi CMS, aplikasi elang besi untuk pengambilan tilang, dan melakukan sidang secara virtual dengan berkoordinasi antar para penegak hukum.

“Kemudian di Bidang Pidana Khusus, telah melakukan penangkapan terhadap para terpidana yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejari. Diantaranya, terpidana tindak pidana korupsi, proyek jalan, buka guling lahan, dan pengadaan alat multimedia, dan telah melakukan eksekusi terhadap ketiga terdakwa,” ungkapnya.

Selanjutnya pada Bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan telah melakukan pemusnahan barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah), pengembalian barang bukti secara door to door kepada pemilik yang sah.

Sementara itu, untuk di Bidang Intelijen, telah melaksanakan program Jaksa menyapa di radio setempat, pengoptimalan kegiatan jaksa masuk sekolah, PNBP dari pencegahan tipikor dengan nilai Rp 2,3 miliar dengan bukti pembayaran kepada khas Pemerintah Kota Bekasi.

Selain juga pada Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) melakukan SKK dengan BPJS dan Bappeda Bekasi dengan nilai keberhasilan mencapai Rp 5,3 miliar.

Selain pencapaian prestasi-prestasi tersebut, Kejari Kota Bekasi juga aktif dalam kegiatan sosial diantaranya, partisipasi penanganan banjir di Komplek Kejaksaan Republik Indonesia Kayu Ringan dan TK Adhyaksa, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak, memberikan bantuan pulsa untuk daring kepada sekolah ditingkat TK, SD dan SMA, selain terus memberikan pelayanan terbaiknya disaat masyarakat tengah dilanda kesulitan akibat efek Covid-19.

“Meskipun wabah Covid-19 belum berakhir, Alhamdulillah seluruh jajaran Kejari Kota Bekasi mampu tetap bisa bekerja dengan patut serta dapat menjalankan tugas yang menjadi beban negara dengan sebaik-baiknya,” pungkas Sukarman.(*)hms/

Penulis : Zark
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *