Home NASIONAL Kejari Bungo Lambat Usut Korupsi di BPMPD PP dan KB Tahun 2014

Kejari Bungo Lambat Usut Korupsi di BPMPD PP dan KB Tahun 2014

471
0
Foto : Wagub Jambi H. Fachrori Desak Kejari Bungo Usut Korupsi di BPMPD PP dan KB Tahun 2014.

Muara Bungo, Mediatransparancy.com – Selain wakil gubernur Jambi H.Fachrori Umar bersama PMII cabang Bungo dan Satma pp, Iwan Perdana selaku ketua Lembaga Pemantau Tindak Pidana Korupsi (LP-TIPIKOR) provinsi Jambi, juga mendesak Kejaksaan Negeri Muara Bungo untuk mengusut kasus korupsi yang terjadi di BPMD PP dan KB pada tahun 2014 sebesar rp, 1,3 milyar.

Foto : Kantor BPMPD PP dan KB.
Foto : Kantor BPMPD PP dan KB.

Iwan Perdana mengatakan “kemarin Kejaksaan Negeri Muara Bungo mengatakan harus ada laporan tentang kasus korupsi ini, baru pihaknya bisa melakukan penindakan” ungkap Iwan Perdana.

Iwan pun menambahakan “berkaitan dengan kasus korupsi ini, kejaksaan tidak perlu menunggu laporan dari pihak manapun, karena pelaku telah melanggar undang undang tindak pidana korupsi” ungkapnya kepada Mediatransparancy.com selasa (31/05/2016).

Sebagaimana kita ketahui pasal 64 undang – undang nomor 1 tahu 2004 tentang perbendaharaan negara, “bendahara, pegawai negeri bukan bendahara dan pejabat lain yang telah ditetapkan untuk mengganti kerugian negara/daerah dapat dikenai sanksi administratif/sanksi pidana. Putusan pidana tidak membebaskan dari tuntutan ganti rugi”.

Selain itu pasal 23 ayat 1 undang – undang nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah menjelaskan bahwa batas waktu penyelesaian kerugian negara/daerah selambat – lambatnya 60 hari sejak diketahuinya kerugian negara/daerah. Kemudian pasal 4 undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2002, yaitu “pengembalian kerugian keuangan negara atau perekonomian negara/daerah tidak menghapuskan tindak pidananya.

Penulis : Muhammad Kurni/Almen.M

Editor    : Novita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here