banner 728x250

Kejari Jakut Musnahkan Barang Bukti. Senilai 3 M Lebih Hasil Kejahatan Didominasi Narkotika

  • Share

Jakarta, mediatransparancy.comKejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut ) memusnahkan berbagai jenis Barang Bukti hasil kejahatan tangkapan aparat Kepolisian wilayah Jakarta Utara, diantaranya didominasi Narkotika.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara, I Made Sudarmawan, didampingi Kasi Pidum Satria Irawan, Kasi Pidsus Zainal, Kasi Intelijen Ridho Setiawan, dan para Kasubsi serta jajaran Jaksa menyampaikan,   pemusnahan barang bukti ini merupakan pelaksanaan dari undang undang Pasal 270 KUHAP tentang kewenangan Jaksa.

judul gambar

Dimana dalam pasal tersebut mengatur kewajiban jaksa untuk melaksanakan putusan Pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (Incrach), yaitu dengan cara eksekusi pidana badan, bayar perkara, dan musnahkan barang bukti berdasarkan putusan Pengadilan harus dimusnahkan.

“Selain pasal itu, juga diatur dalam pasal 30 ayat 1, huruf b yang menyatakan, dibidang pidana Kejaksaan mempunyai tugas dan wewenang melaksanakan penetapan hakim dan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Menurut Kajari, pihaknya telah bersinergi dengan penegak hukum lainnya untuk melakukan pemberantasan narkotika, perdagangan orang yang tidak berwenang.  Adapun barang bukti yang dimusnahkan ini berupa, phisikotropika, senjata tajam, senjata api baik rakitan dan sofhfgun, kosmetik tanpa ijin edar, alat komunikasi yang digunakan untuk melakukan tindak pidana.

Oleh karena itu, setiap tahun Kejaksaan Negeri Jakarta Utara melakukan pemusnahan barang bukti sebagai wujud pelaksanaan tugas dan wewenang jaksa. Untuk pemusnahan ini khusus untuk pemusnahan barang bukti periode Oktober 2019 sampai dengan Juli 2020.

“Dimana maksut dan tujuan pemusnahan barang bukti tersebut, agar barang bukti tidak hilang dari tempat penyimpanan, dan juga agar tidak dimanfaatkan oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Serta memberikan kepastian hukum terhadap barang itu supaya tidak digunakan lagi dan juga menghindari penumpukan barang bukti yang ada di Kejari Jakut”,ujar I Made 11/11/2020.

Ditambahkan, pemusnahan barang bukti tersebut merupakan barang bukti dari 700  perkara yang sudah Incrach. Banyaknya barang bukti yang dimusnahkan berupa Shabu Shabu sebanyak 2.054,84421 gram, senilai RP 2.876.781.894 milliar rupiah. Pil Ecstasy sebanyak 504 butir setara dengan 152.35622 gram bernilai 106 juta rupiah. Daun ganja sebanyak 719.9572 gram senilai 215. 987 juta rupiah. Serta barang barang lainnya seperti HP, senjaata tajam, sempi, rokok illegal, alat kesehatan, Upal, materai palsu dan barang lainnya.

Dalam pemusnahan tersebut turut hadir, pihak Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, Polres Metro Pelabuhan Tanjung Priok, Polres Kepulauan Seribu, BNN, BPOM, dari Wali Kota Jakarta Utara, Tokoh Masyarakat, Rumbanas, Bea dan Cukai.

Ditambahkan “pemusnahan barang bukti tersebut merupakan tranparansi pihak penegak hukum Kejari Jakut terhadap masyarakat dan juga merupakan sinergitas terhadap instansi lain dan terhadap masyarakat, dalam hal penegakan hukum”, kata Kasi Pidum Satria Irawan,SH MH.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *