banner 728x250

Kelurahan Argasunya Melalui BKM Binangkit Jaya Pada Tahap 1 Salurkan Bantuan 18 Unit Rutilahu

  • Share

CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Provinsi Jawa Barat memberikan Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) tahun 2021 pada Pemerintah Kota Cirebon melalui BKM Binangkit Jaya Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti memberi bantuan 35 unit Rutilahu untuk warga calon penerima manfaat (CPM).

Sekretaris Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Binangkit Jaya Kelurahan Argasunya, Ujang Ferdy, mengatakan, Pemerintah Kota Cirebon melalui Disperkim Provinsi Jawa Barat menyiapkan 35 unit rumah warga yang akan mendapatkan bantuan Rutilahu, Pemerintah Kota hanya memberikan bantuan sebanyak 35 unit di tiap-tiap Kelurahan dibagi masing-masing 2 (dua) tahap.

judul gambar

Sementara, Tiwan, selaku Koordinator Rutilahu BKM Binangkit Jaya mengatakan, “Alhamdullilah, kami sudah mulai melakukan pembangunan rumah warga yang mendapatkan bantuan Rutilahu sebanyak 18 unit untuk tahap 1, sisanya sebanyak 17 unit akan dilaksanakan pada tahap ke 2. Dimana total keseluruhan sebanyak 35 unit rumah yang akan di bangun,” ujarnya saat ditemui di lokasi pembangunan rumah di RW 03 Kedung Mendeng, Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (12/10/2021).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah menerima dana yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp. 612.500.000,- untuk bantuan Rutilahu sebanyak 35 unit rumah warga yang ada di Kelurahan Argasunya. Dengan rincian bahan bangunan sebesar Rp. 577.500.000,- , upah kerja Rp. 24.500.000,- serta BOP sebesar RP. 10.500.000,-

“Kami memberikan masing-masing rumah yang mendapatkan bantuan Rutilahu senilai Rp. 17,5 juta. Namun bukan dalam bentuk uang, kami memberikan berupa bahan bangunan dan juga tukang untuk proses pembangunan rumah,” lanjutnya.

Beni, salah seorang warga yang mendapatkan bantuan di RW 03 Kedung Mendeng kelurahan Argasunya terlihat sangat akan bantuan yang telah diterimanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah membantu warga yang tidak mampu dengan memberikan bantuan seperti ini. Alhamdullilah, sekarang rumah saya sudah bisa dibangun,” ujar Beni.

Pada kesempatan tersebut, Tiwan juga berharap dan mengusulkan bersama BKM se Kota Cirebon agar kedepannya Disperkim Provinsi Jawa Barat dapat menganggarkan Rutilahu bisa naik menjadi sekitar 25 jutaan. “Agar CPM (calon penerima manfaat) akan cukup dan tidak membebankan pada masyarakat untuk anggaran swadaya (stimulan),” pungkas Tiwan pada mediatransparancy.com  menyudahi perbincangan. (Priyo)

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *