Home DAERAH KELURAHAN KALIABANG TENGAH PEDULI LINGKUNGAN

KELURAHAN KALIABANG TENGAH PEDULI LINGKUNGAN

470
0
gambar : Lurah Kaliabang beserta staff dan tim penilai

Bekasi – Mediatransparancy.com, Berdasarkan Permendagri Nomor 13 tahun 2007 tentang perlombaan tingkat Desa/Kelurahan dan dalam rangka pemanfaatkan sumber daya demi tercapainya target pemberdayaan masyarakat berwawasan lingkungan, Kelurahan Kaliabang Tengah Kecamatan Bekasi Utara telah melakukan pembenahan Secara serius. Perubahan yang signifikan dapat dilihat maupun yang akan dicapai, untuk merubah pola paradigma masyarakat dengan tahapan. Namun untuk memperoleh hasil maksimal, bukan hal yang mudah, butuh proses tahap demi tahap dan memakan waktu lama.

Nani wijaya Bersama tim penilai yang datang ke kaliabang tengah
Nani wijaya Bersama tim penilai yang datang ke kaliabang tengah

Masyarakat dapat merasakan perubahan positif sebagai percontohan dilingkungan Kelurahan Kaliabang tengah, terlihat Kebun organik, Komposting dengan adanya Rumah Permentasi Kompostin dan permasalahan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) serta konsep 3R yang diterapkan melalui Bank Sampah. Kasubag seksi ekbang, Nani Suryani Irawan ketika memberikan keterangan kepada awak media mengatakan, program yang digalakkan bukan hanya
semata-mata ingin jadi juara, namun yang lebih penting bagaimana memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang kepedulian terhadap lingkungan. “Semua ini berkat kerjasama yang terjalin dengan baik, secara terarah dan terkoordinasi, serta terpadu dan berkelanjutan,” tuturnya pada awak media.

“Selalu proaktif dengan membuat kegiatan replikasi, menyemangati masyarakat agar peduli kepada lingkungan,” ujar Nani. Sedangkan ketika ditanya terkait 3R, pejabat yang selalu murah senyum ini menjelaskan, Reduce adalah mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah, dan Reuse adalah kegiatan pengunaan kembali sampah secara langsung. Sedangkan untuk Recycle sendiri adalah memanfaatkan kembali sampah setelah mengalami proses pengolahan, terang Nani sebelum kedatangan Tim Penilai dari tingkat kota.

Setelah Tim Penilai datang dan menjalankan tugasnya semua berharap dapat memberikan yang terbaik. Dijelaskan bahwa kriteria penilaian K3 meliputi, semua aspek baik dari segi kualitas maupun kuantitas yang ingin dicapai. Sedangkan untuk tercapainya 3R yakni melalui dengan dukungan masyarakat luas. Tim Penilai terdiri dari Dinas Pendidikan, yayu, Dinas Kesehatan, Nadia, Dinas Kebersihan, Iin dan dari Dinas Pertamanan, Eko. Juru bicara Tim Penilai, Yayu mengatakan. Ketua Tim Penilai tidak bisa hadir karena sedang ada tugas di inspektorat “Kelurahan Kaliabang Tengah. Dari 12 Kecamatan, Kelurahan Kaliabang merupakan Kelurahan terakhir yang dilakukan penilaian.

kelurahan kaliabang tengah
kelurahan kaliabang tengah

Lurah Kaliabang Tengah, R.Rara Sri Setianingrum, S.Sos mengatakan, “selaku pimpinan kelurahan kami ingin selalu memberikan yang terbaik, dan memotivasi kepada masyarakat dan memberikan contoh pemberdayaan masyarakat yang harus dimulai dari diri sebagai Role Model,” ungkap Rara

Diversifikasi hasil berbasis sumber daya lokal, Konservasi sumberdaya genetika melalui tanaman dan hewan (kolam ikan) serta menjaga kelestariannya dengan kebun bibit yang diciptakan demi peningkatan kesejahteraan bersama. Mensosialisasikan pengoptimalan pekarangan rumah dengan berbagai hal yang bermanfaat. Seperti halnya untuk menjamin keseimbangan ekosistem yang telah diatur oleh Peraturan Pemerintah serta mendukung bersama-sama slogan Selamatkan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik untuk kita semua (Zarkasih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here