Home BERITA TERBARU KEMENKO PMK: GENERASI MUDA HARUS WASPADAI PENYAKIT KATASTROPIK

KEMENKO PMK: GENERASI MUDA HARUS WASPADAI PENYAKIT KATASTROPIK

318
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan tahun 2016, penderita penyakit katastropik di Indonesia seperti jantung, stroke, diabetes, kanker, ginjal, hepatitis, thalasemia, leukemia, hemophilia telah mencapai 22 lebih dari satu juta orang. Selain itu, pengobatan penyakit katastropik ini juga menghabiskan anggaran sebesar Rp. 1,69 triliun.

“Hal ini harus diwaspadai, karena banyak dari penyakit ini tidak saja menyerang mereka yang telah berusia lanjut tetapi juga menyerang generasi muda,” jelas Asisten Deputi bidang Koordinasi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, danKesehatanLingkunganKemenko PMK, MeidaOctarina.

Perubahan tren penyakit katastropis yang sekarang menyerang generasi muda tidak lepas dari gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi makanan tidak sehat, kurang olahraga dan lainnya. “Banyak dari generasi muda yang tidak menyadari pentingnya gaya hidup sehat,” tambah Meida.

Terkait peningkatan angka prevalensi penyakit katastropik, Meida menjelaskan pemerintah telah melakukan langkah koordinasi khususnya dengan Kementerian Kesehatan.

Dalam mengimplementasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan perwujudan kegiatan peningkatan aktifitas fisik, pengukuran kebugaran dan kegiatan promosi kesehatan misalnya dengan bazar sayur dan buah-buahan.

“Saya yakin, ketika ada perubahan perilaku hidup sehat maka akan merubah kehidupan menjadi lebih baik sehingga kita bisa melakukan pencegahan dan hal ini dilakukan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” tuturnya lagi. (ES265)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here