Home BERITA TERBARU KEMENKO PMK INGIN POTENSI ALAM INDONESIA WUJUDKAN KESEJAHTERAAN BAGI MASYARAKAT

KEMENKO PMK INGIN POTENSI ALAM INDONESIA WUJUDKAN KESEJAHTERAAN BAGI MASYARAKAT

266
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus mendorong pemerintah daerah untuk menyadari potensi alam dan sumber daya lainnya agar bisa mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.
“Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber alamnya. Ini harus benar-benar kita manfaatkan agar mampu mendongkrak pertumbuhan ekonowi di setiap kawasan,” kata Asisten Deputi Pemberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus Kemenko PMK, Wijanarko Setyawan, di Jakarta, Selasa (19/12/2017).
Sebelumnya, Wijanarko menyoroti salah satu wilayah Indonesia yang dianggap cukup potensial dalam bidang wisata alamnya. Namun menurutnya, masih kurang terberdayakan secara maksimal, yaitu di Gayo-Alas, Aceh.
Menurutnya, Aceh memiliki potensi alam yang tidak kalah dengan yang lain. Ia menyebut potensi itu antara lain sumber daya bidang perkebunan dan pertanian, sumber daya kepariwisataan, seni budaya, olahraga alam dan sebagainya.
“Kita berharap jangan sampai gagal dalam memanfaatkan potensi yang ada, seringkali kita menganggap tidak ada sesuatu yang kelihatan, padahal berapa miliar yang keluar jika potensi itu dimanfaatkan,” ucap Wijanarko.
Kemenko PMK dalam hal ini telah melakukan langkah koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait, khususnya dalam upaya mengoptimalkan sumber daya alam yang ada. Dalam waktu dekat kabupaten Aceh akan menggelar Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo Alas atau Gayo Alas Mountain International Festival 2018 (GAMIFest 2018).
Adanya festival tersebut, kata Wijanarko, merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo agar terjadi percepatan pembangunan kawasan dataran tinggi Gayo Alas.
“Nanti di bawah koordinasi dari Kemenko PMK, akan dilakukan integrasi dan sumber daya dari berbagai pihak di Pusat, bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Aceh dan Pemerintah Kabupaten di Dataran Tinggi Gayo Alas,” ujarnya. (ES265)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here