Home BERITA TERBARU KEMENKO PMK MINTA GENERASI MUDA MULAI TERJUN DI DUNIA USAHA

KEMENKO PMK MINTA GENERASI MUDA MULAI TERJUN DI DUNIA USAHA

239
0

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mempercayai generasi muda saat ini adalah generasi yang penuh dengan kreatifitas dalam berwirausaha. Hal ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal agar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia bisa meningkat dan tujuan pembangunan bisa terwujud.

“Kita harus akui bahwa generasi muda saat ini memiliki kreatifitas yang tinggi. Ini harus dimanfaatkan agar banyak anak muda terdorong untuk menjadi pengusaha yang memiliki ide-ide baru,” ucap Sekteratis Kemenko PMK, Y.B. Satya Sananugraha.

Menukil data dari Global Entrepreneurship Monitor (GEM) 2016 menunjukkan bahwa Indonesia baru memiliki sekitar 1,65 persen pelaku wirausaha dari total jumlah penduduk 250 juta jiwa. Normalnya, Indonesia harusnya memiliki pelaku usaha di atas lima persen.

Bagi Satya, era teknologi saat ini harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan penuh tanggung jawab. Karena itu, lanjut Satya, pengimplementasian Gerakan Nasional Revolusi Mental dari integritas, etos kerja dan gotong royong itu wajib terus diperhatikan. “Jika kita sudah mampu menerapkan nilai-nilai yang ada dalam GNRM, maka kita akan mampu mencapai yang kita inginkan dan tentu akan meningkatkan rasa bangga menjadi Indonesia,” tutur Satya.

Disisi lain, Presiden Joko Widodo juga meyakini bahwa banyak anak bangsa saat ini yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang baik. Pemerintah, kata Presiden Jokowi, akan terus berupaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap tarung, siap berkompetisi dan siap bersaing. “Tanpa itu akan ditinggal karena perubahan itu sangat cepat sekali,” katanya.

Terakhir, Satya menuturkan bahwa untuk menumbuhkan jiwa kemandirian pada anak muda maka ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu menghayati, menerapkan, dan mengamalkan Pancasila. “Caranya pemuda-pemuda kita bisa mandiri adalah dengan mengajari, menerapkan dan mengamalkan Pancasila,” terang Satya lagi. (ES265)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here