Home NASIONAL Kemensos : Sekitar 5 Ribu Pengemis Musiman Serbu Jakarta

Kemensos : Sekitar 5 Ribu Pengemis Musiman Serbu Jakarta

284
0
Foto : iLustrasi

Jakarta, Mediatransparancy.com РKementerian Sosial mencatat sekitar 5.000 pengemis musiman sudah berada di wilayah DKI Jakarta. Mereka masuk ke ibu kota saat  menjelang Ramadan.

Berdasarkan data yang diakses melalui laman dinsos.jakarta.go.id, jumlah pengemis di Jakarta Selatan sebanyak 76 orang. Disusul kawasan dengan jumlah pengemis terbanyak kedua yakni Jakarta Timur dengan angka 43 orang. Kemudian, kawasan Jakarta Pusat menjadi kawasan yang memiliki jumlah pengemis terbanyak ketiga, yakni 31 orang.

Sementara di dua kawasan lainnya, Jakarta Utara dan Jakarta Barat, pengemis tak banyak ditemukan yakni masing-masing sekitar empat dan 19 orang.

Direktur Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial Kemensos Sonny W Manalu menyatakan kebanyakan pengemis musiman itu berasal dari Jawa Barat, sebagian dari kawasan Pantai Utara (Pantura) Jawa, Jawa Timur, dan dari Lampung.

Menurut Sonny, penanganan pengemis musiman memerlukan cara yang represif melibatkan aparat Satpol PP dan kepolisian karena kadang keberadaan mereka meresahkan.

“Caranya mereka harus dipulangkan paksa. Kita sudah lakukan ini misalnya Pemda DKI Jakarta memulangkan mereka dengan bus saat puasa dan kita bantu itu,” tutur dia.

Para pengemis musiman itu biasanya berkumpul di sekitar masjid yang tempat orang banyak beribadah dengan harapan mereka memberikan sedekah.

Penulis : Chris Muryat/rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here