Home DAERAH Kementrian PU Pastikan Dukung Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung (3)

Kementrian PU Pastikan Dukung Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung (3)

223
0

Today at 8:07 PM
Jambi, Mediatransparancy.com – Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia memastikan dukungannya terhadap pembangunan pelabuhan Ujung Jabung. Hal ini ditandai dengan hadirnya Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasioal II, Maruasas Panjaitan beserta rombongan, Selasa (17/2) bertempat di rumah dinas Gubernur. Kunjungan ini disampaikan Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus , MM merupakan rapat koordinasi yang fokus membicarakan pelabuhan Ujung Jabung.

gubernur-jambi

“Kita rapat koordinasi antara Balai Besar Pelaksanaan Jalan Wilayah II yang meliputi wilayah kerjanya Sumatera Barat, Jambi dan Riau. Kehadiran beliau ini dalam rangka rapat koordinasi pembangunan sektor PU di Provinsi Jambi dan tadi pertama fokus masalah pelabuhan Ujung Jabung . dan seperti diketahui dari sektor khusus pelabuhannya sudah mulai dibangun pada 2014 ini dan pada 2015 sudah ada dana lagi sekitar Rp 40 milyar, dan akan dilanjutkan dengan program pengembangan pelabuhan utama di Indonesia 2020 akan selesai yang ada hubungannya dengan sektor Pekerjaan Umum adalah maslaah jalan yang menjadi perhatian khusus dari PU, itu yang dikoordinasikan sampai sejauh mana persiapan yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jambi , terutama tentang pembebasan lahan terutama jalan yang menuju kearah sana yang menjadi tanggug jawab kita”ujar Gubernur.

Dijelaskan oleh Gubernur bahwa pertemuan ini juga memperjelas sektor mana yang sudah clear atau belum. “Dari pertemuan ini dinyatakan bahwa akses jalan menuju kesana pada 2020 sudah dipersiapkan, pertemuan ini juga pihak balai meminta kepastian tentang tata ruang dari bandara, dan nantinya akan disepakati dan dipelajari bersama dengan pihak Angkasa Pura dan dari pihak PU telah dipersiapkan anggarannya. Dan berdasarkan informasi ada beberapa perubahan tata ruang. Hal lain yang dibicarakan juga tentang pengairan di Batang Asai dan peningkatan status jalan dari Bangko, Kerinci dan arah Ketapang dan jalan ke arah lain seperti Sabak yang nantinya akan diputuskan oleh Menteri”ujarnya.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasioal II, Maruasas Panjaitan menyatakan bahwa sampai saat ini Kementrian PU dan Perumahan Rakyat sudah siap mendukung daerah yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan oleh daerah terutama masalah pelabuhan dari segi kebinamargaan pada anggaran tahun 2015 ini sudah dipersiapkan anggaran Rp 50 milyar untuk menunjang pelaksanaan tersebut. “Untuk pelabuhan Ujung Jabung akan dibangun oleh Kementrian Perhubungan dari Kementrian PU sendiri kita akan menunjang dari kebinamargaan yaitu jalan ada sekitar 43 km dan tahun ini kita akan coba pada awal tahun anggaran ini 5km. Pembebasan lahan sudah dipersiapkan oleh Provinsi dari lahan 43 km ada 20 km, tetapi ini tidak menghambat pekerjaan kami” kata Maruasas Panjaitan.

Ditambahkannya bahwa pekerjaan jalan ini setelah proses tender paling lambat dilaksanakan pada April atau awal Mei. “Untuk jembatan akan bertahap kita bangun dimana jemabtan Ujung Rambut yang panjangnya 700 m dan ini harus ada persetujuan dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat dan jembatan yang didesain oleh Pemda ini akan dikaji bersama dan diharapkan pada 2016 sudah bisa dimulai pada 2016 dan dana yang dipersiapkan adalah Rp 250 milyar dengan anggaran multi years, dan untuk jalan akan kita kerjakan tahun ini, kami juga sangat mengapresiasi komunikasi yang baik yang terjalin antara pemerintah daerah dengan Kementrian”jelasnya. (lia/hms)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here