Home DAERAH Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb Lakukan Pengawasan dan Monitoring Kegiatan...

Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb Lakukan Pengawasan dan Monitoring Kegiatan Kepelabuhanan

60
0

BERAU, MEDIA TRANSPARANCY – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tanjung Redeb melaksanakan pengawasan dan kegiatan monitoring pelabuhan, Minggu (13/9/2020), di Pelabuhan Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kegiatan pengawasan dan monitoring kegiatan kepelabuhanan ini untuk memastikan apakah jumlah muatan yang berada di atas kapal sesuai dengan daftar manifest muatan,” ungkap Kepala Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian kepada mediatransparancy.com.

Selain itu, Kantor UPP bersama Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur, agen kapal dan pengawas pelaksana kegiatan bongkar muat, juga melakukan pemantauan ke lokasi pelaksanaan kegiatan bongkar muat kapal yang berada di samping Jembatan Tepian Pujangga.

Seperti diketahui, Pelabuhan Tanjung Redeb berada di alur Sungai Berau, Kaltim. Sedangkan Jembatan Tepian Pujangga yang tepat berada di atas Sungai Berau tersebut merupakan jembatan penghubung dan akses jalan utama 2 provinsi antara Kalimantan Timur dengan Kalimantan Utara.

“Di samping pengawasan muatan dan kesesuaian manifest, kami memastikan agar dalam kegiatan bongkar muat tidak membuat longsor di sekitar area jembatan ini,” ujarnya.

Hotman juga menyampaikan agar pihak keagenan pelayaran kapal wajib terlebih dahulu untuk mengurus dokumen dan kelengkapan alat sebelum kegiatan bongkar muat dilaksanakan.

Tidak hanya itu, Hotman mengatakan agar agen pelayaran dalam melaksanakan kegiatan mengutamakan safety atau keselamatan kerja. Karena di area pekerjaan bongkaran muatan kapal tersebut adalah merupakan alur perlintasan kapal.

“Kami juga mengharapkan pengawasan bersama di area lokasi pekerjaan. Koordinasi dalam pengawasan tersebut di lapangan merupakan terobosan untuk memaksimalkan pengawasan kegiatan kepelabuhanan, guna pelayanan yang lebih baik,” tutur Hotman.

Dengan pelaksanaan pengawasan bersama, Hotman berharap kegiatan kepelabuhanan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

 

Penulis: MT1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here