Home EKONOMI Kesiapan Jalur Mudik, Jalan Tol Hingga Brebes Timur Ditargetkan Bisa Dilewati

Kesiapan Jalur Mudik, Jalan Tol Hingga Brebes Timur Ditargetkan Bisa Dilewati

234
0
Foto : Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna saat mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau jalan tol

Brebes, Mediatransparancy.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II sepanjang 20,2 km dapat dioperasionalkan Bulan Mei atau lebih cepat dari rencana penyelesaian semula Bulan Agustus 2016. Hal tersebut guna mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat pada musim lebaran nanti.

“Saat ini sedang dalam proses layak fungsi, mudah-mudahan Mei sudah bisa dioperasikan sambil diselesaikan rambu-rambu dan prasarana lainnya,” tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna saat mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau jalan tol tersebut, Minggu (10/4). Mengenai tarif Herry mengatakan bahwa saat ini sedang disusun surat keputusan (SK) nya di BPJT.

Jalan tol ruas Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,50 km dan terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I (Pejagan-Brebes Barat) – 14,20 km, Seksi II (Brebes Barat-Brebes Timur) – 6 km, Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur) – 10,40 km dan seksi IV (Tegal Timur-Tegal Barat) – 26,90 km.

Sedangkan untuk ruas tol Kanci-Pejagan yang saat ini sudah diambil alih pengelolaannya oleh PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya Persero Tbk., juga ditargetkan perbaikan jalan bisa rampung di Bulan Juni.

“Ini diperbaiki semua, sekarang sudah 60 persen pengerjaannya mudah-mudahan Juni nanti sudah selesai sudah diaspal semua. Betonnya ini sebagai batuan dasarnya, pondasinya ini sudah bagus,” tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan bahwa, hampir 80 persen dari panjang 35 km ruas tol Kanci-Pejagan harus diperbaiki. Untuk perbaikan jalur A (arah Kanci ke Pejagan) perbaikannya telah dimulai sejak 4 Desember 2015 dan berakhir Juni 2016. Sedangkan jalur B (arah Pejagan ke Kanci) perbaikannya baru akan dimulai 31 Maret 2017.

“Karena ini (jalur A) yang lebih parah, dulu kan kita waktu mau mudik tahun lalu kesini dan sedang diperbaiki tapi ternyata tidak total lalu diambil alih Waskita (karya) dan Adhi (karya) lalu diperbaiki total,” tambah Menteri Basuki.

(Humas PU.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here