Home DAERAH Ketua Dekranasda Kota Jambi Buka Lomba Fashion Batik Kreasi Jambi

Ketua Dekranasda Kota Jambi Buka Lomba Fashion Batik Kreasi Jambi

180
0

 Mar 21 at 10:59 PM

Kota Jambi – Mediatransparancy.com – Berbagai upaya dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kota Jambi untuk menggali potensi dan kreatifitas, serta inovasi para pengerajin termasuk disainer lokal maupun masyarakat umum untuk terus berkarya menghasilkan produk-produk dan rancangan baru yang penuh dengan kreasi. Untuk itu berbagai kompetisi pun dilakukan. Bertempat di Jambi Town Squere Sabtu (19/03), Ketua Dekranasda Kota Jambi yang juga Ketua TP-PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, membuka secara resmi Lomba Fashion Batik Kreasi Jambi tahun 2016.

Kepada sejumlah wartawan Yuliana Fasha mengatakan, kondisi dan tantangan kedepan semakin berat oleh karena itu dibutuhkan kreasi dan inovasi agar produk-produk lokal mampu bersaing baik ditingkat nasional maupun pasar global. Oleh karenanya Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Jambi bekerjasama dengan berbagai pihak terus melakukan berbagai upaya melakukan pembinaan dan menggelar berbagai kompetisi guna membangkitan kreasi fashion batik Jambi.

Lomba fashion show kreasi batik Jambi tidak hanya diikuti utusan disainer namun juga diikuti oleh perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Perbankan dan unsur SKPD dilingkungan Pemkot Jambi. “Kriteria penilaiannya, adalah disainnya harus original, harus asli, serta motif batik tidak boleh terbalik-balik, juga kreasi dan inovasi, termasuk juga peraganya harus sepadan,” ujar Yuliana.

Salah seorang pengamat fashion yang hadir, sangat mengapresiasi kegiatan ini, ia mengatakan saat ini kreasi pengerajin harus ditingkatkan agar mampu bersaing. Selain itu juga paradigma masyarakat masih negatif terhadap perkembangan fashion daerah karena selama ini menganggap dunia fashion di Kota Jambi kurang menarik dan monoton akibat masih kurangnya ragam kreasi dan inovasi.

Lomba fashion kreasi batik Jambi ini diikuti 62 peserta. Dari 62 peserta tersebut akan diseleksi menjadi sepuluh besar pada babak semi final keluar tiga orang pemenang dan memperoleh hadiah tropi dan uang pembinaan jutaan rupiah. Ditempat yang sama, besok malam (Minggu, 20/3-red) rangkaian acara dilanjutkan dengan Grand Final Bujang Gadis Kota Jambi Tahun 2016. (lia/hms)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here