banner 728x250

Ketua MA RI Larang Para Ketua PT Pungut Biaya Saat Pengambilan Sumpah Advokad

  • Share

Jakarta,mediatransparancy.com –Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI), Muhammad Syarifuddin, melarang memungut biaya saat pelaksanaan kegiata pengambilan sumpah atau janji Advokad.

Hal itu dituangkan ketua MA RI, dalam surat edaran MA nomor 3 tahun 2021 tertanggal 8 Maret 2021 di Jakarta, tentang larangan pungutan pengambilan sumpah atau janji Advokad.

judul gambar

Dalam surat edarannya dengan tegas disebutkan, untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), maka MA RI memerintahkan;

1. Pelaksanaan pengambilan sumpah atau janji Advokad, harus dilaksanakan dengan ketentuan yang mendukung pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

2. Pengadilan Tinggi dilaarang memungut atau menerim biaya pelaksanaan sumpah atau janji Advokad kecuali ditentukan lain oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Pengambilan sumpah atau janji Advokad dilaksanakan di kantor Pengadilan Tinggi wilayah domisili hukumnya, kata ketua MA RI dalam surat edarannya.

Namun dalam surat edaran nomor tiga tersebut, ketua MA RI tidak mencantumkan sanksi jika diketahui pihak Pengadilan Tinggi melakukan pungutan biaya diluar peraturan perundang-undangan.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *