banner 728x250

Kota Cirebon Tetap Waspada Meskipun Tidak Melaksanakan PSBB

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Meskipun Kota Cirebon tidak termasuk daerah yang melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 tetap dilakukan. Intinya kita tetap waspada, sekalipun tidak masuk daerah yang melaksanakan PSBB.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H. Agus Mulyadi usai menggelar silaturahmi dengan wartawan di Balai Kota Cirebon, Jumat, (8/1/2021).

judul gambar

Sekalipun tidak melaksanakan PSBB/PPKM, lanjut Agus, kegiatan sosialisasi, edukasi dan penegakan hukum terkait pelanggaran protokol kesehatan tetap dilakukan.

“Sekarang bahkan kita tidak hanya melaksanakan 3M, namun 5M yang terdiri dari menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi perjalanan dan menghindari kerumunan,” tegas Agus.

Sementara itu pada Persiapan PPKM Jawa Barat yang diterima dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, terdapat 7 kabupaten dan kota di Jabar yang tidak melaksanakan PPKM satu diantaranya Kota Cirebon.

Ini dikarenakan tingkat kematian akibat Covid-19 di Kota Cirebon di bawah rata-rata nasional dan tingkat kesembuhan pasien mencapai 96,90 persen atau berada di atas kesembuhan rata-rata Jawa Barat yang mencapai 84,74 persen dan Indonesia yang mencapai 82 persen.

Seperti diketahui, pemerintah pusat telah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 1 tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Pulau Jawa dan Bali.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat kemudian mengeluarkan panduan persiapan PPKM di Jawa barat dengan mengacu pada Imendagri No 1 tahun 2021  yang disertai dengan kriteria penentuan PPKM berdasarkan tingkat kematian, tingkat kesembuhan, bed occupancy rate serta rasio kasus aktif.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *