Home Berita Terbaru Kunjungan Presiden RI ke Sibolga, Korem 052/KS Siapkan Pengamanan

Kunjungan Presiden RI ke Sibolga, Korem 052/KS Siapkan Pengamanan

23
0

SIBOLGA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Presiden Republik Indonesia adalah pemegang kekuasaan pemerintahan tertinggi di Indonesia, selain juga sebagai kepala negara. Lembaga Kepresidenan Indonesia dibentuk pada tahun 1945 oleh Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, Pasal 7 Tugas Pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan: Operasi militer untuk perang dan Operasi militer selain perang, yaitu untuk: mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya.

Terkait dengan UU tentang TNI tersebut, Korem 052/KS mempersiapkan pengamanan dengan gelar Apel Pasukan atas kedatangan Presiden RI, Joko Widodo dan rombongan di Sibolga dalam rangka
meresmikan dan sekaligus meninjau Pelabuhan Sambas, Sibolga, Minggu (17/3/2019).

“Untuk mengamankan kegiatan Presiden RI, Korem 023/KS menyiapkan pengamanan mulai tiba sampai kembali, dengan gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Horas, Kota Sibolga,” kata Kol Inf Tri Saktiyono saat memimpin gelar pasukan di Lapangan Horas, Kota Sibolga, Sabtu (16/3/2019).

Dalam amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadilah yang dibacakan Danrem 052/KS yang bertindak sebagai Dansatgaspamwil mengatakan, bahwa pengamanan VVIP adalah untuk menjamin keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pribadi VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP setiap saat dimanapun berada.

“Ancaman terhadap VVIP bukan hanya merupakan ancaman terhadap keselamatan dan keamanan pribadi VVIP saja, namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat, serta kewibawan pemerintah,” tegas Pangdm I/BB.

Oleh karena itu, kata Pangdam I/BB, guna mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI dan Kepolisian bersama institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan VVIP secara terpadu.

Pangdam I/BB selaku Pangkoops pengamanan VVIP, menekankan kepada peserta apel agar dapat meyakini bahwa tiap-tiap Satgas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi.

Pangdam I/BB juga berharap pada pelaksanaan pengamanan VVIP ini agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerjasama secara terencana, terarah dan terkendali, dengan tetap berpedoman pada peraturan pengamanan VVIP, baik secara langsung maupun tidak langsung, agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses.

Pangdam I/BB juga menyampaikan, agar pengamanan VVIP ini harus berhasil dan tidak ada kata “ulangi” serta jangan dianggap sebagai rutinitas, sehingga mengabaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

oleh sebab itu, kata Pangdam, peran Dansatgas dan Subsatgas sangatlah dominan, tidak saja dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, tetapi juga harus mampu dalam menghadapi dan mengelola serta menyelesaikan berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Diakhir amanatnya, Pangdam I/BB menekankan yaitu :
Tugas pengamanan VVIP ini merupakan suatu kehormatan, untuk itu laksanakan dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggung jawab serta pahami tugas dan pedomani prosedur tindakan di lapangan. Tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain untuk mengganggu kelancaran pengamanan ini. Check and recheck sampai detik terakhir sebelum, selama dan sesudah Presiden RI dan ibu Hajjah Iriana Joko Widodo menuju ke obyek yang dituju. Adakan koordinasi sebaik-baiknya agar kendala yang mungkin timbul dapat segera diatasi sedini mungkin.

Hadir dalam kegiatan gelar pasukan Pam VVIP dintaranya Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa , Dandim 0211/TT , Kapolres Tapanuli Tengah, Wakapolres Kota Sibolga, Danlanal Sibolga , Dansatradar 234 yang mewakili, lara Kasi dan pasi Korem 023/KS, Danyon 123/RW, Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusanto SIP, para Kabalak aju, dan Kabalakrem.

Editor: Benz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here