Home BERITA TERBARU Laksanakan Kebijakan MA Ketua PN Jakut Bangun Komunikasi Konstruktif Terhadap Wartawan

Laksanakan Kebijakan MA Ketua PN Jakut Bangun Komunikasi Konstruktif Terhadap Wartawan

225
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, H.Amin Ismanto, SH.MH, berharap lembaga Pangadilan harus membangun hubungan komunikasi dan koordinasi yang Konstruktif dengan wartawan atau Jurnalis yang meliput di lingkungan Pengadilan.

Media atau lembaga Perss yang berperan sebagai sosial kontrol dan  publikasi suatu pemberitaan, kiranya dapat merupakan penyeimbang dalam penyajian informasi dari lembaga Pengadilan  terhadap masyarakat.

Untuk itu, perlu dibangun terus komunikasi dan koordinasi antara Humas Pengadilan dengan para wartawan secara konstruktif. Hal itu disampaikan Amin, terhadap sejumlah wartawan yang meliput di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, sesuai dengan kebijakan yang disampaikan ketua Mahkamah Agung (MA RI) DR. H.M Syarifuddin SH MH.

Menurut Amin, lembaga pengadilan harus tetap menjadi lembaga publik yang transparan. Sementara, “peran media pers diharapkan juga mampu menjaga Pangadilan tetap on the track dan profesional dalam memberikan informasi terhadap masyarakat, sehingga masyarakat tidak selalu negatif menilai lembaga Pengadilan”, ucapnya di Lobby kantor Pengadilan Negeri Jakarta Utara 13/05.

Dalam kesempatan tersebut, H.Amien  didampingi Humas Pengadilan Djuyamto, SH.MH dan Tumpanuli Marbun, SH.MH serta Panitera Dwi Setyo Kuncoro,SH.MH, menyerahkan secara simbolis Kartu Tanda Anggota Media Centre, terhadap beberapa Wartawan atau Jurnalis yang bertugas meliput di lingkungan Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Berkaitan dengan hal itu,  Djumyanto, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengatakan, Kartu Anggota Media Centre yang diberikan ketua Pengadilan, supaya bisa di identifikasi bahwa pemegangnya adalah benar benar wartawan atau Jurnalis yang meliput berita Pengadilan,  sehingga bisa dipertanggungjawabkan, serta memudahkan untuk koordinasi.

“Apalagi sesuai dengan program Akreditasi Penjaminan Mutu, semua hal terkait pelaksanaan fungsi di Pengadilan harus terdokumentasi dengan baik”, ujar Humas.

Menyikapi kepedulian pihak Pengadilan Negeri Jakarta Utara terhadap dunia Pers, Wilmar Pasaribu wartawan Suara Karya.id mewakili wartawan lainnya menyampaikan sangat berterima kasih dan apresiasi atas kebijakan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara serta kepada Humas dan Panitera, untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang Konstruktif.

“Kiranya pertemuan ini  menjadi awal yang baik bagi sinergi antara Pengadilan dengan  wartawan secara konstruktif sesuai dengan kebijakan pimpinan Mahkamah Agung (MA), dimana lembaga Pangadilan diharapkan tetap menjadi lembaga publik yang transparan dan berwibawa”, katanya.

Penulis : P.Sianturi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here