banner 728x250

Libatkan Stakeholder, Pemda Kota Cirebon Besok Akan Gelar Vaksinasi Massal

  • Share

TRANSPARANCY – Untuk menekan penyebaran Covid-19 yang semakin mengganas, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon menggelar vaksinasi massal. Vaksinasi yang digelar merupakan sinergitas Pemda, TNI, Polri, dan stakeholder lainnya di Kota Cirebon.

Demikian disampaikan Wali Kota Cirebon, H. Nashrudin Azis, saat melakukan konferensi pers dengan wartawan di Balai Kota Cirebon, Kamis (24/6/2021) terkait penyebaran Covid-19 yang sudah memprihatinkan.

judul gambar

“Hampir seluruh rumah sakit penuh, bahkan sejumlah pasien terpaksa harus waiting list atau menunggu,” ungkap Azis. Mereka harus menunggu untuk masuk ke ruang perawatan atau tempat isolasi mandiri terpusat yang dimiliki oleh Pemda Kota Cirebon.

Selanjutnya Azis berpesan kepada setiap RW di Kota Cirebon untuk memanfaatkan kesempatan vaksinasi massal ini. “Terutama untuk lansia yang belum mendapatkan vaksin agar segera melaporkan ke gugus tugas yang ada di setiap kelurahan dan kecamatan, sehingga semua terdata. Kami juga meminta dukungan semua elemen masyarakat untuk turut serta menyukseskan percepatan vaksinasi Covid-19. Semua tidak akan berhasil tanpa dukungan dari masyarakat,” ungkap Azis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H. Agus Mulyadi menjelaskan vaksinasi massal Covid-19 yang diberi nama Serbuan Vaksinasi Serentak akan digelar mulai esok, Jumat, 25 Juni 2021 hingga Kamis, 1 Juli 2021.

“Digelar di hangar milik Batalyon Arhanud-14/PWY. Tersedia 12.700 vaksin yang akan disuntikkan kepada masyarakat. Masing-masing terdiri dari 5.500 vaksin dari jalur Polres Cirebon Kota dan 7.200 vaksin dari jalur TNI. Semua vaksin sudah ada di Kota Cirebon,” ungkap Agus.

Sekitar 200 tenaga medis akan disiagakan setiap hari untuk melayani pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. “Berasal dari  tenaga medis TNI, Polri, dan rumah sakit swasta, serta tenaga medis di Pemda Kota Cirebon,” jelas Agus.

Proses vaksinasi Covid-19 dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama pada Jumat, Sabtu, dan Senin (25, 26 dan 28 Juni 2021) digelar untuk yang sudah terdaftar di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon sebanyak 8 ribu orang.

Sedangkan tahap kedua digelar pada Selasa, Rabu, dan Kamis (29, 30 Juni dan 1 Juli 2021) untuk masyarakat umum Kota Cirebon usia 18 tahun ke atas dengan cara mendaftarkan diri secara online melalui tautan https://vaksinasi.cirebonkota.go.id/ yang dapat diakses mulai hari Sabtu, 26 Juni 2021,  dan mobilisasi masyarakat dengan target minimal 2000 vaksin diberikan setiap harinya.

Untuk mobilisasi masyarakat, lanjut Agus, akan dikoordinasi oleh Camat, Danramil, dan Kapolsek di setiap wilayah kecamatan Kota Cirebon. “Pendataannya sudah bisa dilakukan mulai sekarang,” ungkapnya.

Untuk mendatangkan warga menuju lokasi penyuntikkan vaksin Covid-19 melibatkan Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri termasuk armada yang mereka miliki. “Sehingga memudahkan masyarakat untuk mendatangi lokasi vaksinasi Covid-19,” ujar Agus.

Sementara Danyon Arhanud 14/PWY Cirebon, Letkol (Arh) Haris Atmaja Adinata, menjelaskan mereka siap untuk menggelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Kota Cirebon. “Protokol kesehatan tetap kami jalankan dengan ketat sekalipun banyak masyarakat yang akan mendapatkan vaksin,” tegas Haris.

Penulis: Yudi
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *