banner 728x250

LPSK Berikan Kompensasi Kepada Para Korban Pengeboman Masjid Adz-Dzikra

  • Share

KOTA CIREBON, MEDIA TRANSPARANCY – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberikan kompensasi kepada korban tindak pidana terorisme masa lalu (Korban terorisme pengeboman Masjid Adz-Dzikra yang berada di Polres Cirebon Kota) bertempat di ruang Aula Sanika Polres Cirebon Kota, Jl. Veteran No.5 Kota Cirebon, Jumat (29/1/2021).

Tim Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) berjumlah 4 orang serta 3 orang dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) yang dipimpin oleh Ketua LPSK, Asto Atmodjo.

judul gambar

Tampak hadir Deputi Bidang Pencegahan, perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen. TNI Hendri Paruhuman Lubis,Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua LPSK, Asto Atmodjo mengemukakan bahwa santunan diberikan tanpa melalui proses peradilan.

“UU ini merupakan sebuah keistimewaan yang diberikan oleh Negara terhadap para korban pengeboman masa lalu,’ katanya.

Pada saat yang sama, Deputi Bidang Pencegahan, perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis menjelaskan kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh Bapak Presiden pada tanggal 16 Desember 2020 di Istana Kepresidenan.

“LPSK ini merupakan Mitra dari Lembaga BNPT dan Dampak Terorisme merupakan bentuk kejahatan terhadap perdamaian dan kedamaian umat manusia,” jjelasnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota menyebutkan ada 30 jumlah penerima kompensasi, adapun Santunan Konpensasi yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan yaitu Korban meninggal dunia Rp. 250.000.000, luka berat Rp. 210.000.000, luka sedang Rp. 115.000.000, dan luka ringan 75.000.000.

“Terima kasih kepada Tim LPSK dan BNPT yang telah menjembatani dalam proses penyaluran bantuan konpensasi sehingga pada momen hari ini dapat terealisasikan,” ucapnya.

Ia menambahkan kejadian pengeboman di Masjid Adz – Dzikra terjadi pada tanggal 15 April 2011. Kapolres berharap bantuan yang telah diberikan oleh Negara kepada para korban pengeboman dapat memberikan kekuatan psikis dan mental.

Penulis: Acep
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *