Home BERITA TERBARU MA HARUS MENJADI BENTENG TERAKHIR PENCARI KEADILAN YG TERPERCAYA

MA HARUS MENJADI BENTENG TERAKHIR PENCARI KEADILAN YG TERPERCAYA

281
0
Presiden Joko Widodo hadiri Sidang Pleno Istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung (MA) tahun 2017 di JCC, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018). FOTO/Dok Setpres.

JAKARTA, MEDIATRANSPARANCY.COM – Joko widodo Presiden, mendorong Mahkamah Agung terus meningkatakan pelayanan yang lebih baik baik kepada pencari keadilan. Karena MA merupakan benteng terakhir bagi pencari keadilan melalui jalur hukum.

Fondasi utama bagi Indonesia untuk dapat bertransformasi sebagai negara maju salah satunya ialah sistem dan proses hukum yang terpercaya. Dengan itu, hadirnya kepastian hukum dan penegakan hukum yang benar-benar memberikan keadilan di masyarakat akan terbentuk.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Presiden menyampaikan, bahwa pemerintah akan terus mendukung langkah-langkah pembenahan dan peningkatan kualitas lembaga peradilan di Indonesia.

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas inovasi, capaian, dan kinerja Mahkamah Agung yang terus meningkat. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat tajam dan keadilan yang dirasakan masyarakat yang terus membaik,” kata Presiden Joko Widodo pada Sidang Pleno Istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung (MA) tahun 2017 di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC ), Jakarta Pusat, ┬áKamis (1/3/2018).

 

Menurut Presiden, pencapaian MA yang membaik di antaranya ditunjukkan dengan kecepatan dalam memutus perkara yang meningkat tajam, tingkat kepuasan pihak yang berperkara yang sangat tinggi, serta akuntabilitas yang meningkat dengan meraih status wajar tanpa pengecualian.

Selain itu, untuk menjadikan MA sebagai badan peradilan yang transparan, profesional, dan terpercaya, sejumlah perbaikan lain untuk beradaptasi dengan perubahan zaman juga dilakukan.

Hatta Ali, Ketua Mahkamah Agung membanggakan kinerja lembaga peradilan yang dipimpinya, selain itu, juga dapat menyelesaikan masalah peradilan dengan cepat , dan juga MA berhasil menyelamatkan uang negara yang jumlahnya cukup signifikan. (ES265)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here