banner 728x250

MA Kuatkan Hukuman Mati Terpidana Pembunuhan Berencana Keluarga Diperum Nainggolan

  • Share

Jakarta, mediatransparancy.comMahkamah Agung (MA) menguatkan putusan mati terhadap terpidana pembunuhan berencana yang dilakukan Harry Aris Sandigon alias Harris alias Ari Simamora.

Ari Simamora, yang melakukan pembunuhan terhadap keluarga Diperum Nainggolan, isterinya Maya Ambarita serta dua anak Diperum di rumah korban Jalan Bojong Nangka 2, Jatirahayu, Bekasi. Haris Simamora masih memiliki ikatan keluarga dengan korban Maya Ambarita, istri Diperum.

judul gambar

Putusan pidana mati tidak berubah walau menempuh upaya hukum, mulai dari Pengadilan Negeri Bekasi, Pengadilan Tinggi Jawa Barat Bandung dan Kasasi Mahkamah Agung (MA) juga menguatkan hukuman mati. Dalam putusan yang ditayangkan melalui website MA disebutkan, “Majelis hakim kasasi menolak permohonan Kasasi dari pemohon Kasasi terpidana Harry Aris Sandigon alias Harris alias Ari.
Putusan MA Nomor 1340 K/Pid/2019,  diketuai hakim MA, Burhan Dahlan dengan anggota Dudu DM dan Hidayat Manao.

Ari divonis mati di peradilan tingkat pertama Pengadilan Negeri Bekasi. Pada Pengadilan tingkat pertama terpidana dinyatakan terbukti bersalah melanggar hukum secara sah dan meyakinkan melakukan pembunuhan berencana yang menghilangkan nyawa empat korbannya, sebagaimana diatur dalam Pasal 340 KUHP,  saat di PN Bekasi diketuai Majelis Hakim DJuyamto SH,MH.

Kejadian itu berlangsung pada bulan September 2018 lalu dan disidangkan di Pengadilan Negeri Bekasi dengan pimpinan Majelis Hakim Djuyamto SH MH, memvonis Harris dengan pidana mati.

Menyikapi putusan Kasas yang menguatkan putusan tingkat pertama dan banding itu, penasihat hukum Harris belum dapat diminta tanggapannya, apakah menempuh upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung (MA) atau tidak.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *