Home DAERAH Makam Keramat Terawang Lidah, Sungguh Memprihatinkan

Makam Keramat Terawang Lidah, Sungguh Memprihatinkan

538
0
Foto : Makam Keramat Terawang Lidah.

Muara Bungo,Mediatransparancy.com – Kabupaten Bungo memiliki banyak potensi budaya terutama dalam sejarah Melayu Kuno, seperti Makam Keramat Terawang Lidah yang berusia ratusan tahun yang berlokasi di dusun Sungai Mancur kecamatan Tanah Sepenggal Lintas pada senin (23/05/2016).

Sayangnya potensi ini tidak dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah sebagai sarana wisata sejarah, hal ini terlihat dari lokasi Makam Keramat yang tidak terawat bahkan cenderung di biarkan.

Foto : H. Latif, Warga dusun Sungai Mancur kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.
Foto : H. Latif, Warga dusun Sungai Mancur kecamatan Tanah Sepenggal Lintas.

Menurut keterangan warga H.Latif bahwa awalnya posisi Makam berada jauh dengan lokasi masjid Jami, seiring dengan pergantian waktu Makam ini di yakini masyarakat setempat bergerak dengan sendirinya sehingga posisi sekarang berada persis di depan masjid Jami.

Selain itu juga masyarakat sekitar meyakini didalam masjid tersebut di bawah tanah menyimpan emas yang banyak berasal dari peninggalan tokoh masyarakat melayu dulu, dan masyarakat meyakini jasad yang berada dalam makam adalah Terawang Lidah serta ditengah pusaranya terdapat kayu bulian berbentuk kubah masjid.

‪Penulis :Husein/Almen.M
Editor : Novita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here