banner 728x250

Marko Sihotang “Kami Menolak Keras Penebangan Pohon Diwilayah Samosir” 

judul gambar

SAMOSIR, MediaTransparancy.com – Banjir bandang yang terjadi di Kenegerian Sihotang bulan November lalu yang mengakibatkan masyarakat di empat desa mengalami kerugian yang cukup besar, bahkan sampai kehilangan nyawa. 

Mantan Anggota DPRD Samosir, Marko Sihotang pun memberikan tanggapan serius atas kejadian itu. “Bencana alam yang terjadi itu jelas-jelas karena kerusakan alam, sudah waktunya kita (warga Samosir) menolak keras segala tindakan-tindakan eksploitasi alam yang dilakukan oleh siapapun,” tegas Marko Sihotang di Pangururan, Rabu, 6 Desember 2023. 

judul gambar

Menurut Marko, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Samosir tidak boleh tinggal diam melihat situasi yang terjadi saat ini. Ia meminta agar pemerintah berdiri bersama masyarakat melawan perusak alam di Samosir. “Jangan biarkan kejadian seperti ini terulang kembali. Tanpa ijin dari pemerintah tidak mungkin ada perusahaan perusahaan yang berani masuk melakukan aktifitasnya di Samosir,” katanya. 

Marko Sihotang mengatakan, kejadian bencana alam di Kenegerian Sihotang hanya sebagian kecil yang terjadi di wilayah Samosir. “Di Kecamatan Sitiotio juga sudah pernah terjadi banjir bandang dan memakan korban jiwa. Di Kecamatan Sianjurmulamula juga baru baru ini merusak lahan pertanian warga. Kejadian itu seolah-olah dipandang sebelah mata oleh Pemerintah Kabupaten Samosr. Jangan menunggu masyarakat melakukan aksi, baru pemerintah memberikan respon,”ungkapnya kesal. 

Menurut informasi yang beredar dikalangan masyarakat, dalam waktu dekat ini akan ada kegiatan penebangan kayu secara besar-besaran di wilayah Pulau Samosir, tepatnya di Kecamatan Ronggurnihuta untuk mengganti tanaman Eukaliptus yang akan ditebang dengan tanaman berdaun lebar, untuk itu Marko Sihotang meminta pemerintah bersama masyarakat Samosir menolak keras kegiatan itu, karena menurutnya itu adalah modus belaka. 

“Saya bersama kawan-kawan siap menjadi garda terdepan menolak kegiatan itu. Kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Samosir agar tidak memberikan rekomendasi penebangan pohon di seluruh wilayah Samosir, khususnya yang akan dilakukan di pulau Samosir,” pinta Marko Sihotang dengan tegas. 

Penulis: Jefry Sitanggang 

judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published.