banner 728x250

Melawan wabah dan musibah dengan sholat berjamaah,merupakan kebijakan walikota Dumai yang patut ditiru.

  • Share

TRANSPARANCY, Dumai – Beberapa waktu belakangan ini Dumai memang tengah dilanda musibah. Tidak cuma tingginya angka wabah corona, namun sebagian masyarakat juga mengalami kebanjiran. Terutama yang menetap di daerah dataran rendah atau pinggiran sungai. Pemerintah Kota Dumai tengah berupaya melakukan pengendalian banjir melalui pengerukan sungai dan daerah aliran air. Tidak hanya itu, pendirian tenda pengungsian juga dibuat untuk membantu warga terdampak banjir.

Walikota Dumai melalui surat bernomor 435/Dinsos/2021 meminta Kepala OPD, camat dan lurah se-Kota Dumai agar melakukan penggalangan bantuan untuk korban bencana banjir. Posko bantuan dibuka selama sepekan, mulai tanggal 18 hingga 25 Mei 2020 mendatangi di kantor dinas Sosial Jalan SM Amin ( Janur Kuning) Jaya Mukti Dumai.

judul gambar

Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS mengeluarkan kebijakan yang patut ditiru oleh kepala daerah lainnya di Propinsi Riau khususnya, dan dunia pada umumnya. Melalui surat himbauan bernomor 450/818.1/UMUM, Walikota Dumai mengajak segenap masyarakat untuk melaksanakan sholat secara berjamaah agar terhindar dari segala bentuk musibah dan wabah covid-19.

Walikota Dumai menegaskan guna menarik turunnya rahmat Allah SWT maka masyarakat diminta untuk menghentikan seluruh aktivitas ketika adzan berkumandang dan segera melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah di masjid dan mushalla terdekat dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Bagi yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat agar mengatur jadwal (shift) supaya pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu. Kemudian camat dan lurah diminta untuk mensosialisasikan himbauan itu kepada masyarakat melalui RT setempat.

“ Bukankah tidak ada satu kejadian atau peristiwa, yang luput dari genggaman Allah SWT. Mari kita undang rahmat Allah melalui sholat berjamaah. Semoga melalui ikhtiar yang kita lakukan, negeri kita terlindungi dari segala bentuk musibah dan wabah,” ujar Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS.

Surat himbauan itu ditujukan kepada Forkopimda Dumai, Kepala Instansi Vertikal di Kota Dumai, Pimpinan BUMN, BUMD, Perbankan dan Perusahaan Swasta di Kota Dumai serta Kepala OPD, Camat dan Lurah, Kepala Sekolah dan Madrasah se-Kota Dumai.

Surat himbauan Walikota Dumai itu mendapat respon positif dari masyarakat. Apalagi sejauh ini belum pernah terlihat adanya upaya mengatasi virus corona melalui zikir dan do’a yang dilakukan secara bersama. Layaknya saat meminta hujan melalui sholat istisqo. Atau zikir bersama untuk tolak bala.

“ Menghadapi corona, kita seolah melupakan pertolongan Allah SWT. Kita mendukung kebijakan walikota tersebut. Mudah-mudahan musibah dan wabah segera berlalu dari negeri kita,” ujar Fatahuddin, warga Bumi Ayu Dumai Selatan”

REPORTER :KURNIAWAN
judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *