Home NASIONAL Mendag : Saya Optimis Scoping antara Uni Eropa – Indonesia Segera Tuntas

Mendag : Saya Optimis Scoping antara Uni Eropa – Indonesia Segera Tuntas

219
0
Foto : Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong

Jakarta, Mediatransparancy.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong menambahkan, rangkaian kunjungan Presiden Jokowi ke Eropa ini banyak bobotnya di aspek perdagangan.

Ia menyebutkan, salah satu hasil konkret yang ingin dicapai adalah penuntasan tahap awal negosiasi CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) antara Uni Eropa dan Indonesia.

“Itu akan menjadi satu perjanjian perdagangan dan kerja sama ekonomi raksasa karena menyangkut 28 negara anggota Uni Eropa dengan total pendududk 537 juta penduduk dan ekonomi sebesar, perekonomian sebesar 18,5 triliun dolar AS per tahun,” jelas Lembong.

Menurut Mendag, CEPA ini cangkupannya sangat luas, dan tadi ada beberapa poin dilaporkan kepada Sidang Kabinet (Ratas). “Tiga hari lalu di Rakor Menko sudah kita selesaikan agar semua dari 14 titik negosiasi atau isu negosiasi yang masih pending, 11 sudah kita selesaikan, tinggal 3 yang tadi diputuskan di Ratas sidang kabinet,” ujarnya.

Menurut Mendag, tahap ini sifatnya tertutup, rahasia, karena itu tidak bisa mengumumkan persisnya apa titik-titik tersebut. ‘Tapi saya sangat gembira bisa melaporkan ini, bahwa saya optimis scoping antara Uni Eropa dengan Indonesia akan tuntas dalam waktu dekat,” pungkasnya. (Humas Setkab-RI)

Editor : Chris MP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here