Home NASIONAL Mendikbud Serahkan Anugerah Kihajar Kepada 12 Kepala Daerah Berprestasi

Mendikbud Serahkan Anugerah Kihajar Kepada 12 Kepala Daerah Berprestasi

231
0
Foto: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy memberikan Anugerah Kihajar kepada 12 Kepala Daerah berpestasi didalam memajukan pendidikan di daerah masing-masing melalui peranan Teknoligi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Anugerah Kihajar Kategori Khusus adalah Wali Kota Surabaya, Dr (HC) Ir Tri Rismaharini, MT.

JAKARTA, mediatransparancy.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy memberikan Anugerah Kihajar kepada 12 Kepala Daerah berpestasi didalam memajukan pendidikan di daerah masing-masing melalui peranan Teknoligi Informasi dan Komunikasi (TIK) da penyerahannya dilaksanakan di gedung D, Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/16).

“Para Kepala Daerah yang menerima penghargaan Anugerah Kihajar diantaranya 4 Gubernur, 1 Kabupaten, dan 7 Kota. Tahun ini sudah memasuki tahun kelima memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Para penerima Anugerah Kihajar ini telah memberikan segala upaya dalam inisiatif membuat kebijakan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan TIK,” kata Ari Santoso, Kepala Pusat TIK, Kemendikbud dalam jumpa pers di gedung D Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/16) sebelum acara penganugerahan dimulai.

Ari menjelaskan, tahapan penganugerahan didahului penilaian yang dilakukan bulan Oktober dan November tahun 2016 ini oleh tim juri yang terdiri dari kalangan Universitas, pakar TIK, Pustekom mewakili Kemendikbud.

“Proses penilaian didasari dengan kebijakan, program, dan implementasi. Dari hasil itu didapat empat tingkatan penerima anugerah yakni Pratama, Madya, Utsma, dan Khusus,” kata Ari.

Selain Anugerah Kihajar, juga diberikan penghargaan kepada pemenang Kuis Kihajar, Festival Video Edukasi, Mobile Kihajar, dan Radio Mitra Peduli Pendidikan.

“TIK bisa meningkatkan penyerapan teknologi pada siswa, karena mereka akan mudah menyerap ilmu dari tampilan yang lebih beragam, dan melalui TIK juga bisa mendatangkan laboratorium alam ke kellas,” kata Ari.

Adapun Gubernur penerima Anugerah Kihajar 2016 yakni, untuk Kategori Utama adalah Gubernur Provinsi Jambi, H Zumi Zola, STP.,MA, Kategori Pratama adalah Gubernur Provinsi NTB, Dr TGH M Zainul Majdi, Kategori Khusus, Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Dr H Syahrul Yasin Limpo, SH, MSi, MH, dan Kategori Khusus, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran.

Sedangkan Bupati/Wali Kota penerima Anugerah Kihajar 2016 dengan Kategori Utama adalah Wali Kota Gorontalo, H Marten A, Taha, SE, Mec, Dev dan Wali Kota Bontang, Dr Hj Neni Moerniaeni, SpOG, sedabgkan Kategori Madya adalah Wali Kota Balikpapan, HM Rizal Effensi, SE, Wali Kota Jambi, H Syarif Fasha, ME, dan Wali Kota Pontianak, H Sutarmidji, SH, MHum, sedangkan penerima Anugerah Kihajar Kategori Pratama ad!& Wali Kota Ternate, Dr H Burhan Abdurrahman, SH MM, dan Bupati Kerinci, Dr H Adi Rizak, MSi, sementara Anugerah Kihajar Kategori Khusus adalah Wali Kota Surabaya, Dr (HC) Ir Tri Rismaharini, MT.

Penulis: Benz
Editor: Hisar Sihotang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here