banner 728x250

Menghindari Adanya Kepentingan Pihak Berperkara Tergugat PMH Minta Penggantian Pimpinan Majelis Hakim

  • Share

Jakarta,mediatransparancy.com
Untuk menghindari adanya dugaan kepentingan pihak berperkara, tergugat  Perbuatan Melawan Hukum (PMH) yang disidangkan majelis hakim pimpinan Tugianto, di Pengadilan Negeri Jakarta Utara diminta supaya diganti.

Pasalnya, pihak yang berperkara antara penggugat SH dan tergugat HY sudah berulang kali menempuh jalur hukum gugat menggugat di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, tapi majelisnya tetap hakim Tugianto, sehingga dalam gugatan PMH nomor 677/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Utara, yang akan disidangkan pimpinan majelis hakim Tugianto, diminta kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Puji Harian SH.M.HUM supaya mengganti hakim bersangkutan. Hal itu disampaikan tergugat PMH, HY
untuk menghindari adanya Konfik Interes dan adanya kepentingan dan kebrpihakan dari pihak pihak dalam perkara tersebut. Disamping itu agar mencerminkan putusan yang adil, bersih dan jujur.

judul gambar

Menurut tergugat HY, melalui kuasa hukumnya Aidi Johan,SH, MH, sudah mengirimkan surat kepada ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, tanggal 24–11-2020 lalu, untuk permintaan penggantian susunan majelis hakim yang menyidangkan dan memeriksa berkas perkara no. 677 gugatan PMH, yang dipimpin Drs.Tugianto, Bc.SH.MH.

Alasan pemohon untuk mengganti pimpinan majelis Togianto tersebut dikarenakan hakim bersangkutan pada tahun 2017 dengan no perkara 560/Pdt.G/2017/PN.Jkt.Utr.sudah menjadi hakim majelis dengan objek perkara yang sama. Selanjutnya pada tahun 2017 pemohon yang sekarang (tergugat I) pernah mengajukan gugatan nomor perkara, 603/Pdt.G/2017/Pn.Jkt.Utr. majelis hakim bersangkutan merupakan salah satu anggota nya yang sama, dengan perkara yang sama juga.

Sebelumnya dalam perkara 677, majelis hakimnya dipimpin Fahzal Hendri didampingi hakim anggota Tugianto dan Purnawan Narsongko. Namun karena Fahzal Hendri pindah tugas, berkas perkara dialihkan ke anggota majelis Tugianto. Sehingga, “dalam perkara yang sama, objek yang sama penggugat dan tergugat merupakan pihak yang sama yakni nomor perkara 677, 560 dan 603 hakimnya juga Tugianto, sehingga dalam perkara ini sangat diragukan adanya putusan yang adil bersih dan jujur”, kata HY. “Tergugat meminta ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara , diminta supaya majelis hakim, Tugianto diganti dengan hakim yang tidak pernah menangani perkara tersebut “ucap tergugat”.
Menyikapi gugatan tersebut, baik penggugat dan kuasanya belum dapat diminta tanggapannya.

Terkait permohonan pihak untuk mengganti pimpinan majelis hakim, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), DJuyamto SH, MH, mengatakan, “kalau permintaan pihak berperkara untuk penggantian majelis hakim itu menjadi hak-nya para pihak, tentu harus didasarkan pada alasan-alasan yang berdasar pada hukum. Kemudian kewenangan untuk penggantian pimpinan majelis hakim ada pada ketua pengadilan”, kata humas 25/2/2021.

Penulis : P. Sianturi

judul gambar
  • Share
judul gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *