Home JAKARTA UTARA Menikmati Sore Bersama Keluarga di Taman Sahabat di Jakarta Utara

Menikmati Sore Bersama Keluarga di Taman Sahabat di Jakarta Utara

85
0

JAKARTA, MEDIA TRANSPARANCY – Taman Sahabat yang berlokasi di Jalan Pluit Selatan Raya, Penjaringan, Jakarta Utara dapat menjadi salah satu tempat wisata alternatif di DKI Jakarta.

Disini, warga bisa melakukan beragam aktivitas dan menghabiskan waktu bersama keluarga di sore hari.

Di taman yang bersebelahan dengan Kali Karang ini juga disediakan beberapa wahana permainan klasik untuk menstimulasi tumbuh kembang anak-anak, diantaranya ayunan rantai, jungkat-jungkit dan perosotan.

“Mudah-mudahan taman ini dapat bermanfaat bagi warga Jakarta khususnya masyarakat Jakarta Utara,” ungkap Daeng Jamal selaku pendiri dan penggagas pembangunan Taman Sahabat kepada mediatransparancy.com, Sabtu (1/8/2020) saat peresmian Taman Sahabat.

Daeng Jamal yang merupakan Ketua Umum Garda Bintang Timur menyampaikan bahwa tujuan pembangunan taman adalah untuk mendukung Pemerintah DKI Jakarta dalam menyediakan sarana publik terutama bagi anak-anak untuk bermain dan berinteraksi.

“Taman Sahabat ini swadaya sendiri. Terimakasih kepada masyarakat yang selama ini mendukung pembangunan taman ini,” ujarnya.

Sementara warga setempat sekaligus Ketua RT 08/RW 16, Rusdi mengapresiasi secara positif pembangunan Taman Sahabat di wilayahnya.

Pasalnya, Taman Sahabat bisa digunakan warganya untuk berkumpul bersama keluarga dan anak-anak.

“Sangat positif pak karena untuk warga banyak, daripada dibiarkan begitu saja malah jadi rebutan. Malah dijadikan bisnis untuk kepentingan masing-masing,” pungkas Rusdi.

Tidak hanya untuk taman bermain, Taman Sahabat juga dilengkapi perpustakaan yang menyediakan buku bacaan, kantin dan musholla bagi para pengunjung.

Perlu diketahui, Taman Sahabat dibangun dengan memanfaatkan lahan hijau di bantaran Kali Karang yang telah lama tak terurus bahkan terbengkalai.

Sebelumnya, di atas lahan ini marak berdiri bangunan-bangunan liar.

Lalu, Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama (mantan Gubernur DKI Jakarta) membersihkannya alias menggusur bantaran kali sebagai upaya normalisasi sungai serta langkah untuk pemenuhan kriteria Kota Layak Anak (KLA) dengan cara mengoptimalkan ruang publik.

Namun kini, bangunan-bangunan dan usaha-usaha liar menjamur di lahan bantaran kali itu.

Melihat kondisi tersebut, Daeng Jamal berinisiatif merubahnya dengan membangun Taman Sahabat yang tujuannya agar terlihat indah dipandang mata dan dapat digunakan masyarakat banyak.

 

Penulis: MT1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here