Home INSPIRASI Menpar Yahya : Sail Karimata 2016, Promosi Wisata Bahari Dunia

Menpar Yahya : Sail Karimata 2016, Promosi Wisata Bahari Dunia

283
0
Foto : Menteri Pariwisata, Arief Yahya , Sail Karimata 2016 di Jakarta, Rabu(01/06/2016).

Jakarta, Mediatransparancy.com – Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyampaikan arahan Presiden RI, Jokowi tentang Sail Karimata, yakni agar ada promosi dan culture event terhadap Sail Karimata sebagai wisata bahari, serta agar koreografernya harus kelas nasional.

Arief yahya menyatakan, pemerintah menggandeng seluruh pihak terkait untuk mengembangkan wisata bahari Indonesia, yang saat ini berkontribusi 10% dari total wisata, yakni mencapai 1 miliar US Dolar, beda jauh dengan wisata bahari Malaysia yang sudah menyumbangkan 8 miliar US Dolar. “Mohon tim ini bergerak berdasarkan tujuan,” sebut Arief Yahya, Rabu(01/06/2016) kemarin.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Iptek, dan Budaya Maritim Kementerian Kemaritiman dan Sumber Daya, Dr.Ir.Safri Burhanuddin, DEA memberikan paparan selayang pandang Sail Selat Karimata Tahun 2016.

Safri menjelaskan, kegiatan utama Sail Selat Karimata Tahun 2016 terdiri dari 4 kegiatan, Pertama, Seminar Nasional tentang Kemaritiman di Provinsi Jambi pada tanggal 25 agustus 2016. Kedua, Acara puncak yang akan dilakasankan pada 15 Oktober 2016 di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.Ketiga, Festival Belitong pada 22 Oktober 2016. Dan Keempat, Festival Bahari Kepri pada 28 Oktober 2016.

Foto : Menteri Pariwisata, A rief Yahya , Peluncuran Sail Karimata 2016.
Foto : Menteri Pariwisata, A rief Yahya , Peluncuran Sail Karimata 2016.

Mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan, Safri berharap agar Sail Karimata bisa memberikan manfaat ekonomi masyarakat pesisir di daerah terpencil, serta bisa mempercepat pembangunan terutama daerah tertingggal.

Dalam peluncuran Sail Selat Karimata 2016, Wakil Gubernur Jambi, Menteri Pariwisata, mewakili gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, dan Bangka Belitung, serta Kepala Staf Angkataan Laut (KSAL), Ade Supandi mendampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya memukul rebana secara bersama-sama, sebagai pertanda diluncurkannya Sail Selat Karimata 2016.

Penampian tari yang mengkombinasikan tari dari 4 provinsi penyelenggara Sail Selat Karimata 2016 (Provinsi Jambi, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat) turut memeriahkan. Peluncuran Sail Selat karimata 2016.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, H.Saefudin menyatakan, konteks sail ini tujuannya untuk percepatan Pembangunan di pesisir. “Kita menyatukan dengan poros maritim. Kita harapkan agar Jambi ini mendapat dampak positif pembanguan di daerah pesisir, terutama kita mengharapkan bagaimana wilayah fishing ground kita yang ada itu bisa menjadi ruang menuju Laut Cina Selatan. Kedua, agar Jambi sebagai destinasi bisa mengenalkan budaya Jambi,” jelas Saefuddin.

Penulis : Lia Riyan/rel
Editor : Novita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here